Calon PPS Pilkada Tuban 2024 Didominasi Wajah Lama

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban telah melaksanakan tahap wawancara kepada calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tuban 2024 yang digelar secara bersamaan pada Jumat (24/5).

Dari lebih dari 2.000 pendaftar PPS untuk Pilkada Tuban 2024, sebanyak 1.506 orang telah menjalani tahap wawancara yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut.

Mayoritas pendaftar PPS Pilkada tersebut merupakan mantan PPS yang telah bertugas pada Pemilu 2024, dengan persentase sekitar 65 persen.

Proses wawancara untuk calon PPS di Kabupaten Tuban berlangsung dari Selasa 21 Mei 2024 hingga Kamis 23 Mei 2024. Wawancara dilakukan terhadap pendaftar yang lolos tes tulis.

Menurut Zakiyatul Munawaroh, Komisioner KPU Tuban Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM, dan Partisipasi Masyarakat, dari 1.506 pendaftar yang diwawancarai, hanya 984 orang yang akan dipilih menjadi PPS di Kabupaten Tuban.

Pendaftar calon PPS berasal dari berbagai kalangan, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tuban.

Dalam wawancara tersebut, KPU Tuban menekankan pentingnya komitmen dan loyalitas para calon anggota PPS terhadap KPU. 

Karena itu, para PPS harus taat dan patuh pada aturan yang ditetapkan oleh KPU Kabupaten Tuban, sesuai dengan tagline KPU yaitu integritas 24 jam.

 

[Dwi/Ali]