Penasaran Hari Tanpa Bayangan Bisa Dirasakan di Tuban? Catat Waktunya!

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Bersiaplah besok pada hari Rabu (11/10/2023) sekitar pukul 11.18 WIB masyarakat Kabupaten Tuban dapat menyaksikan fenomena alam hari tanpa bayangan.

Menurut Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban Zem Irianto Padama, hal ini bisa terjadi lantaran adanya fenomena setahun sekali bernama Kulminasi. 

"Kulminasi adalah fenomena setahun 2 kali, kemarin terjadi pada bulan April," ujar Zem.

Lebih lanjut Zem berujar jika Kulminasi adalah ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Dan saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut dengan kulminasi utama. 

Disinggung dengan adanya fenomena ini apakah suhu udara di Kabupaten Tuban akan terasa semakin panas,  menurut Zem Fenomena ini tidak berpengaruh pada suhu panas yang dirasakan oleh masyarakat.

"Untuk suhu udara masih seperti normalnya 31-32 derajat celcius, jika pun naik paling hanya 33 derajat celcius," imbuhnya. 

Untuk cuaca yang terasa lebih panas ini menurutnya disebabkan karena kondisi cuaca di Tuban yang cerah dan sangat minimnya tingkat pertumbuhan awannya. 

Hal  ini menyebabkan penyinaran Matahari pada siang hari ke permukaan bumi tidak mengalami hambatan signifikan oleh awan di atmosfer sehingga cuaca terasa sangat terik.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS