PMI Tuban Pastikan Stok Darah Aman hingga Tahun Depan

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com – Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UUD PMI) Kabupaten Tuban, memastikan ketersediaan darah aman, menjelang pergantian tahun. Sehingga dapat mencukupi permintaan dari masyarakat yang membutuhkan.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Sardju Efendi, Humas PMI Tuban. Menurutnya, stok darah tersebut, diperkirakan aman hingga dua minggu mendatang.

“Stok darah di UDD PMI Kabupaten Tuban,  untuk saat ini dan sampai dua minggu ke depan insyaallah aman, untuk semua golongan,” ujarnya kepada blokTuban.com saat dikonfirmasi, Rau  (28/12/2022).

Baca juga: Tingkat Kesadaran Donor Darah Tinggi, Stok Darah PMI Tuban Overload

Hingga saat ini, lanjut Sardju, sapaan akrabnya, jika ada sekitar 645 total ketersediaan kantong darah di UDD PMI Kabupaten Tuban dari semua komponen.   Namun, hal tersebut bias berubah sewaktu-waktu.

Lebih lanjut, Sardju lantas memberikan perincian stok 645 kantong darah yang tersedia tersebut. Yaitu meliputi golongan darah A sebanyak 142 kantong, golongan darah B 189 kantong, golongan darah O sebanyak 260 kantong, sedangkan golongan darah AB 54 kantong darah, dengan komponen darah yang berbeda-beda,

Seperti halnya komponen darah Whole Blood (WB) golongan darah A sebanyak 4, golongan darah B 3, golongan darah O 13, dan untuk golongan darah AB sebanyak 3 kantong. Untuk komponen darah Packed Red Cell (PRC), stok golongan darah A sebanyak 133 kantong, golongan darah B  berjumlah 178, golongan darah O sebanyak 236 dan golongan darah AB sebesar 46 kantong darah.

Baca juga: Pasca Vaksinasi PMK, DKP2P Tuban Ambil Sampel Darah Hewan Ternak

Sementara komponen darah Fresh Frozen Plasma  (FPP), golongan darah A berjumlah 5 kantong, golongan darah B 8, golongan darah O 11, dan golongan darah AB tersedia sebanyak 5 kantong. Sedangkan untuk komponen darah Trombocyte saat ini kosong untuk semua golongan.

Hal tersebut, lantaran masa kadaluarsa darah Trombocyte yang terbilang pendek, sehingga petugas UDD PMI Tuban tidak berani untuk menyetok.

“Untuk produk Trombocyte (TC)  karena notabennya komponen dengan masa kadaluarsa pendek, maka kami belum berani stok, kecuali ada permintaan langsung dari Rumah Sakit,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS