Pemdes Karangagung Tuban Anggarkan Hampir Rp100 Juta Untuk Insentif Guru Ngaji

Reporter :  Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com –  Wujud kepedulian Pemerintah Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban terhadap pendidikan agama non formal, memberikan pembagian insentif pada guru ngaji di desa tersebut pada, Jumat (16/12/2022).

 

Pembagian Insentif kepada Guru ngaji sudah di anggarkan oleh pemerintah desa selama 3 tahun dan menjadi salah satu program dari pemerintah desa selama menjabat.

Baca juga: Hibah Keagamaan Tuban 2022 Totalnya Rp4,75 Milyar, insentif Ribuan Guru TPQ Telah Ditransfer

“Insentif merupakan bagian program prioritas Desa Karangagung dari awal dan sudah 3 tahun berjalan, dan akan diteruskan sampai selesai,” ucap Kades Karangagung, Aji Agus Wiyoto kepada blokTuban.com.

 

Terdapat kegiatan Khotmil Quran, kata Aji yang dilakukan setiap hari Jum’at Legi sudah berjalan selama 3 bulan. Pemilihan hari jumat legi ini tak ada maksud tertentu, melainkan kesepakan dari guru dengan pemerintah desa.

 

“Pemilihan hari Jumat Legi tak ada faktor khusus, ya karena kesepakatannya begitu,” tambahnya.

 

Diadakannya Khotmil Quran bertujuan mendekatkan diri kepada Tuhan dan mengalap berkah. Selain itu juga memiliki tujuan mewujudkan desa yang  baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur adalah sebuah negeri yang mengumpulkan kebaikan alam dan kebaikan perilaku penduduknya.

Baca juga: SiLPA Tinggi, DPRD Tuban Minta Tambahan Jumlah Penerima dan Besaran insentif Guru Ngaji di 2023

Di Desa Karangagung sendiri terdapat 148 guru ngaji baik pria ataupun wanita. Ke-148 orang ini tersebar di 18 lokasi pendidikan Al Qur’an yang ada di Desa Karangagung. Setiap tahunnya pemerintah desa menganggarkan sekitar Rp100 juta  dalam setahun sebagai insentif para guru ini.

 

Pemerintah Desa Karangagung, kata Aji berkomitmen selain meningkatkan sumber daya manusia juga bertujuan menyiapkan generasi muda yang akan datang.

 

“Komitmen kami agar bisa menebar kebaikan dan membangun generasi muda dan kedepannya akan ada peningkatan insentif serta peningkatan fasilitas pendidikan,” tutupnya. [Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS