Bukan di Batu atau Gresik, Masjid Tersehat dan Bersih se-Jawa Timur Ada di Tuban

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Di Jawa Timur Banyak sekali bangunan masjid yang unik dan menarik. Akan tetapi, masjid tersehat dan bersih se-Jawa Timur terdapat di Kabupaten Tuban.

Masjid tersebut bernama Baitul mu'min Polres Tuban. Masjid ini meraih juara 1 se-Jawa Timur kategori masjid yang sehat dan bersih dalam ajang Masjid Award Propinsi Jawa timur tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Yayasan Demasindo Jawa Timur, Rabu (14/12/2022). 

Adapun lima masjid lainnya yang dikalahkan oleh Tuban yakni Masjid Bani Solan Kabupaten Magetan, Masjid Jami Baitus Salam Kabupaten Gresik, Masjid Al-Fattah Kabupaten Tulungagung, Masjid Putih Daarusshalikhin Kota Batu serta Masjid Mujahidin Kota Madiun.

Masjid Baitul Mu'min Polres Tuban berdiri diatas tanah seluas 20x25m² dan kurang lebih bisa menampung 700 hingga 800 jamaah dalam kondisi Normal. Awal mulanya bangunan masjid ini belum berdiri dengan dua lantai, akan tetapi dikarenakan terdapat wabah covid 19 yang mengharuskan para jamaah melakukan sosial distancing dan dirasa kurang bisa mengakomodir kapasitas dari jamaah masjid saat itu AKBP Ruruh Wicaksono, mantan Kapolres Tuban periode 2020-2021 memberikan gagasan untuk dilakukannya revitalisasi masjid.

Baca berita terkait:

Asal Usul Masjid Desa Bektiharjo Tuban yang Bakal Tergusur Tol Demak-Tuban, Hati Kecil Warga Belum Rela

Selama proses pembangunannya sendiri memakan waktu selama 8 bulan. Mulai dari pertengahan bulan agustus tahun 2020, dan diresmikan pada tanggal 08 Mei 2021 dengan menelan biaya lebih dari Rp7 miliar, yang seluruhnya merupakan hasil partisipasi berbagai pihak termasuk sumbangsih dari anggota Polres Tuban. 

Salah satu daya tarik dari masjid ini sendiri memiliki sebuah ornamen bernuansa Timur Tengah serta dominan menggunakan marmer.

AKP Chakim Amrullah, selaku ketua takmir Masjid Baitul mu'min Polres Tuban mengatakan, tim juri dari Dewan masjid Propinsi Jawa Timur turun langsung untuk melakukan penilaian pada masjid-masjid yang telah ditunjuk. Terdapat empat masjid lain yang ditunjuk oleh PD DMI Kabupaten Tuban dan masjid polres berhasil menjadi juara 1.

"Awalnya ada 4 perwakilan dalam 4 kategori Masjid yang ditunjuk oleh PD DMI Kabupaten Tuban, 2 diantaranya masuk 6 besar dan Alhamdulillah masjid Polres Tuban dapat juara 1 kategori masjid sehat dan bersih se-Jawa Timur," ucap Chakim kepada blokTuban.com, Jumat (16/12/2022).

Usai mendapatkan predikat masjid terbersih dan sehat selaku ketua takmir, kedepannya akan meningkatkan kualitas kebersihan di lingkungan Masjid Baitul Mu'min dengan menggandeng pihak yang berkompeten. Hal ini langkah antisipasi bilamana nanti ditunjuk dalam Ajang Masjid Award tingkat Nasional yang mewakili Provinsi Jawa Timur.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya, memberikan apresiasi atas terpilih nya Masjid Baitul Mu'min sebagai masjid kategori bersih dan sehat dalam nominasi Masjid Award Propinsi Jawa timur tahun 2022, serta memberitahu bahwa masjid yang letaknya di Mapolres tuban ini juga di buka untuk umum.

"Meskipun letaknya di dalam mapolres namun masjid Baitul mu'min ini juga dibuka untuk umum. Kami persilakan bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah di masjid ini," terangnya.

Alumni Akpol 2000 menambahkan, agar penghargaan yang diberikan kepada Masjid Baitul Mu'min mampu menumbuhkan motivasi personel Polres Tuban khususnya yang beragama Islam untuk lebih taat beribadah serta dijadikan sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS