Hibah Keagamaan Tuban 2022 Totalnya Rp4,75 Milyar, Insentif Ribuan Guru TPQ Telah Ditransfer

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban memaksimalkan pembangunan aspek religius guna mendukung penguatan karakter masyarakat dan generasi muda Kabupaten Tuban. Total dana hibah yang telah tersalurkan kurang lebih mencapai 4,75 milyar yang bersumber dari APBD tahun 2022. 

Sejumlah program keagamaan yang disupport Pemkab Tuban, diantaranya pemberian insenfif bagi guru TPQ, penyelenggaraan MTQ berjenjang, dan peningkatan fasilitas tempat ibadah, TPQ, RA, Madrasah dan pondok pesantren, maupun kegiatan keagamaan lainnya yang bersumber pada APBD tahun 2022.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tuban, Drs. Joko Purnomo mengungkapkan Pemkab Tuban telah menyalurkan hibah peningkatan fasilitas tempat ibadah, TPQ, RA, Madrasah dan pondok pesantren kepada 102 penerima. 

“Rencananya, pada APBD tahun 2023, dana hibah tersebut akan diarahkan pada pembangunan musala dan tempat ibadah lainnya,” ungkap Joko, Senin (26/09/2022) saat ditemui ruang kerjanya.

Lebih lanjut, Pemkab Tuban memberikan perhatian terhadap kesejahteraan guru TPQ di Kabupaten Tuban. Pada tahun ini sebanyak 8.550 guru TPQ dari 1.342 lembaga TPQ di 20 kecamatan telah menerima insentif yang diberikan setiap bulannya ke rekening masing-masing. 

Baca juga :

SiLPA Tinggi, DPRD Tuban Minta Tambahan Jumlah Penerima dan Besaran Insentif Guru Ngaji di 2023

Insentif Guru PAUD se-Tuban Rp300 Ribu, Fraksi Demokrasi Perjuangan Indonesia Minta Dinaikkan 3 Kali

Setelah Diverifikasi, Ribuan Guru TPQ Bakal Terima Insentif

Mereka juga terdaftar kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Penerima insentif merupakan guru TPQ telah terverifikasi dan memenuhi sejumlah persyaratan, baik secara kelembagaan maupun perseorangan.

“Guru TPQ telah mengikuti pelatihan pembelajaran Alquran dari lembaga terkait, sedangkan lembaga TPQ tempatnya mengajar telah mengantongi ijin operasional dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban dengan santri minimal 15 anak,” jelasnya. 

Pihaknya juga intens memberikan pendampingan agar proses pencairan insentif lancar dan tidak terkendala. Mantan Camat Kenduruan ini mengatakan beberapa waktu lalu Pemkab Tuban menggelar kegiatan Khotmil Quran yang diikuti Kepala TPQ se-Kabupaten Tuban. 

Rencananya, kegiatan Khotmil Quran akan digelar secara berkala dengan melibatkan Dewan Pengurus Kecamatan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPK BKPRMI) Kabupaten Tuban. 

Tidak hanya itu, aparatur Pemkab Tuban juga rutin melaksanakan Tadarus Alquran setiap hari Jumat di Masjid Fathur Rohmat Kompleks Pendapa Kridha Manunggal, Masjid Agung Tuban, dan musala di masing-masing OPD, kantor kecamatan, serta kantor UPT. 

“Tujuannya, untuk meningkatkan iman dan taqwa aparatur Pemkab Tuban. Akan kami tingkatkan ke depannya,” tutupnya. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS