5 Minuman Rempah Cocok Diseduh Untuk Menghangatkan Tubuh

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com - Saat musim penghujan, hawa dingin kerap menyebabkan suhu tubuh kedinginan. Tidak jarang suhu dingin ini menyebabkan tubuh mengigil.

Untuk mengatasi hawa dingin tersebut, dapat menyeduh minuman rempah hangat yang banyak ditemui di sekitar kita. 

Beruntung hidup dan tinggal di Indonesia. Dimana banyak tanaman rempah yang tumbuh subur dan memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh, seprti jahe, kunyit atau kayu manis.

Berikut ini beberapa minuman rempah yang bisa diseduh untuk menghalau rasa dingin dan menghangatkan tubuh.

1. Wedang Jahe

Jahe salah satu rimpang yang mudah ditemui bahkan di dapur. Membuat wedang jahe dapat memberikan rasa hangat ke seluruh tubuh. Wedang jahe termasuk minuman yang sangat mudah dibuat.

Proses membuatnyapun terbilang  mudah, yaitu dengan jahe yang digeprek, lalu ditambahkan gula dan air panas. Sebagai pemanis, kamu dapat menggunakan gula pasir atau gula merah, sesuai  selera. 

 

2. Wedang Kayu Manis

Selama ini kayu manis dikenal sebagai penambah aroma makanan atau minumam. Ternyata dalam segelas wedang kayu manis mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan membantu menetralkan gula darah. 

 

3. Susu Kunyit

Minuman herbal sebagai penghangat berikutnya adalah susu dan kunyit. DI negara India minuman ini begitu terkenal. Pembuatannya juga mudah, yang diperlukan yakni kunyit bubuk, susu, madu, kayu manis, jahe parut dan sejumput lada hitam.

 

Susu kunyit yang juga dikenal dengan nama golden milk ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, diantaranya yaitu mengontrol diabetes, baik untuk kesehatan jantung, tulang, hingga kulit.

 

4. Wedang Ronde

Wedang ronde diketahui sebagai minuman hasil perpaduan dua kebudayaan yaitu dari budaya Tionghoa dan Indonesia. Wedang ronde dibuat dengan air jahe panas yang dicampur dengan gula kelapa atau aren yang kemudian diberi isian ronde, kacang tanah goreng dan potongan roti.

 

Pembuatan wedang ronde terdiri dari kue bola-bola yang terbuat dari tepung ketan dan memiliki tekstur serta rasa seperti mochi. Wedang ronde yang memiliki rasa pedas dari jahe dan gurihnya kacang serta ronde dan tambahan gula yang manis menjadi minuman andalan di musim hujan. 

 

5. Bajigur

Minuman khas Jawa Barat ini merupakan minuman yang cocok dinikmati saat suhu dingin. Bahan untuk membuat bajigur cukup mudah ditemukan di rumah, yaitu kopi, gula aren, santan dan sedikit garam.

 

Konon bagi yang sedang terserang flu dapat meminum Bajigur untuk medredakannya. Selain itu, bajigur juga diyakini dapat mencegah obesitas, mencegah kanker, serta baik untuk kulit.

 

Itulah resep 5 minuman rempah mudah dan murah yang dapat diseduh dan dinikmati saat cuaca dingin. Selamat mencobanya di rumah!

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS