PEM Akamigas Buka Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2023/2024, Ada 5 Prodi Unggulan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu membuka Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik (TA) 2023/2024. terdapat 5 program studi unggulan di PEM Akamigas. 

Kelima prodi tersebut, yaitu Teknik Produksi Minyak dan Gas, Teknik Pengolahan Minyak dan Gas, Teknik Instrumentasi Kilang, Teknik Mesin Kilang, dan Logistik Minyak dan Gas.

PEM Akamigas membuka kesempatan bagi putra/putri terbaik bangsa lulusan SMA/MA IPA atau SMK Teknik/Sederajat yang ingin menjadi tenaga profesional di bidang energi dan sumber daya mineral.

Proses seleksi PMB Akamigas TA 2023/2024 dibuka mulai tanggal 22 Desember 2022 - 1 Maret 2023 dan dilaksanakan dalam tiga gelombang. Pendaftaran terbagi dalam tiga jalur, yaitu Jalur Umum Reguler, Jalur Umum Prestasi dan Jalur Kerja Sama.

Jalur umum diperuntukkan bagi peserta PMB dengan pembiayaan pendidikan secara swadaya. Calon peserta Jalur Umum Reguler akan melalui penyaringan tes potensi akademik melalui uji kompetensi mata pelajaran. Sementara calon peserta dengan kemampuan prestasi akademik luar biasa dan memiliki kemampuan lebih dalam Bahasa Asing dapat mendaftar melalui Jalur Umum Prestasi.

Baca juga:

PT. TPPI Ikut Andil Dalam Penyusunan Kurikulum Pembelajaran Bersama PEM Akamigas Cepu

Sedangkan Jalur Kerja Sama diperuntukan bagi calon peserta dengan pembiayaan pendidikan melalui beasiswa kerja sama pemerintah atau Badan Usaha /Badan Usaha Tetap (industri).

Pada TA 2023/2024 ini, PEM Akamigas membuka kuota bagi mahasiswa baru sebanyak 320 orang untuk mendapatkan pendidikan Sarjana Terapan (S.Tr) maupun Diploma IV. Penjaringan calon peserta dilakukan dengan sistem daring melalui aplikasi Seleksi Nasional (Selena).

"Pendidikan di PEM Akamigas menerapkan pendidikan berkarakter dengan pembinaan mahasiswa di lingkungan kampus dan asrama. Hal ini dalam rangka menjaga dan meningkatkan mutu kualitas pendidikan serta layanan prima mahasiswa," kata Direktur PEM Akamigas Cepu Erdila Indriani melalui keterangan tertulis, dikutip dari situs Kementrian ESDM, Jumat (23/12/2022). 

Untuk informasi lebih lengkap calon peserta PMB PEM Akamigas TA 2023/2024 dapat mengunjungi website pmb.akamigas.ac.id atau akun resmi media sosial PEM Akamigas maupun Kementerian ESDM. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS