Kulit Kusam Setelah Berkegiatan di Luar Ruangan? Atasi dengan Cara Berikut Ini

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com - Kegiatan luar ruangan seperti olaharaga lari menjadi salah satu cara mudah untuk mendapatkan badan sehat. Namun sinar matahari selain bermanfaat juga menimbulkan masalah yaitu menyebabkan kulit kusam.

Teorinya, saat terpapar sinar matahari menyebabkan kadar air di dalam tubuh otomatis berkurang. Berkurangnya kadar air ini karena keringat yang keluar dan juga menguapnya hidrasi kulit karena panasnya sinar matahari. 

Kulit yang kurnag terhidrasi tentunya akan menyebabkan kulit terlihat lebih lebih gelap, kering dan kusam. Untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV (ultraviolet) terutama saat tengah berkegiatan di luar ruangan dapat dilakukan dengan beberapa hal. 

 

1. Gunakan produk yang menjaga kelembapan kulit

Saat hendak beraktifitas di luar ruangan, alangkah baiknya menggunakan produk pelindung kulit yang bermanfaat untuk melembabkan kulit.

Beberapa produk yang berguna untuk menghidrasi kulit yaitu yang bersifat water-Holding System. Tujuannya yaitu agar mampu memberikan sensasi segar sekaligus memberikan hidrasi yang mendalam pada kulit.

serta Double-Layering System pada varian Tone-Up Sun Cream yang mencerahkan kulit wajah dengan hasil matte dan natural. 

 

2. Megenakan pelindung tubuh berwarna hitam

Ketika beraktifitas di luar ruangan bisa menggunakan pelindung tubuh berupa topi atau kacamata berwana hitam. Topi dan kacamata ini diharapkan melindungi dari tetpapar sinar matahari langsung yang mengenai tubuh.

Mengenakan kacamata hitam juga dapat melindungi mata dan kulit sekitarnya dari paparan sinar UV. Pilihlah kacamata hitam berkualitas baik yang menyerap 99-100 persen sinar matahari untuk mendapatkan perlindungan maksimal.

 

3. Mengkonsumsi makanan sehat

Berbagai cara dapat dilakukan agar beraktifitas di luar ruangan aman dari paparan sinar UV. Selain menggunakan produk perawatan dan pelindung yang aman, dapat juga mengkonsumsi makanan yang dapat membantu melindungi kulitdari sinar UV antara lain:

  •  
  • Blueberry
  • Semangka
  • Kacang dan biji-bijian
  • Wortel
  • Teh hijau
  • Sayuran berdaun hijau dan kol

Dengan menerapkan ketiga tips di atas diharapkan dapat membantu meminimalisir paparan sinar UV. Selain itu dianjurkan untuk mengurangi durasi berkegiatan di luar ruangan ketika matahari sedang terik-teriknya.[dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS