Memahami Apa itu Diet Keto dan Berbagai Manfaat bagi Tubuh

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Diet keto ialah bagaimana kita mengatur pola makan yang dilakukan dengan cara menerapkan pola makan rendah karbohidrat, tetapi tinggi lemak. 

Tujuan konsumsi lemak dalam jumlah tinggi pada diet keto adalah agar tubuh mencapai kondisi ketosis.

Meski masih banyak pro dan kontra, beberapa studi menunjukkan bahwa diet keto tergolong aman dan efektif untuk dilakukan, terutama oleh penderita kelebihan berat badan atau obesitas. Namun, manfaat dan pengaruh diet keto pada tubuh hingga kini masih terus diteliti.

Dilansir dari Alodokter sebelum digunakan untuk menurunkan berat badan, diet keto sudah dianjurkan sebagai salah satu cara untuk mengatasi beberapa jenis penyakit.

Berikut ini berbagai manfaat diet keto bagi tubuh:

1) Mengontrol Gula Darah (DM 2)

Diet keto beranfata untuk membantu mengontrol gula darah pada orang penderita Diabetes Melitur tipe 2. Mereka dianjurkan untuk mengonsumsi lemak sehat, seperti lemak yang berasal dari ikan salmon, kacang-kacangan, dan alpukat.

Makanan tersebut dapat membantu memperbaiki kinerja tubuh dalam menyimpan dan memproses energi. Hal itu kemudian akan meringankan gejala diabetes. Meski demikian memeriksakan kadar gula darah disarankan rutin dilakukan setiap hari.

 

2) Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Diet keto yang dijalankan dengan memperbanyak konsumsi lemak sehat kemungkinan mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Hal ini diduga karena diet keto mampu menurunkan kadar insulin, sehingga produksi kolesterol dalam tubuh juga ikut menurun.

 

3) Mengurangi Resiko Terkena Gangguan Sistem Saraf

diet keto juga diyakini memiliki manfaat untuk menangani gangguan sistem saraf, seperti penyakit Alzheimer, gangguan tidur, dan penyakit Parkinson. 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS