5 Logam Mulia Termahal di Dunia, Emas Ternyata Nomor 3

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Terdapat 5 golongan logam mulia yang hingga saat ini bernilai tinggi di banding logam lainnya. Logam mulia atau logam adi ini adalah logam yang tahan terhadap korosi maupun oksidasi.

Beberapa logam ini dikatakan mulia sebab memang keberadaanya sangat langka. Bahkan unsur logam mulia ini hanya di temukan belahn bumi tertentu.

Berikut ini selengkapnya 5 logam mulia di dunia yang paling berharga atau dikatakan yang termahal.

1. Rhodium

Logam rhodium merupakan logam yang memiliki titik leleh dan kepadatan yang lebih rendah dari platinum. Logam ini dikatakan berharga sebab sulit mendapatkannya di alam.

Negara-negara yang memiliki logam mulia jenis ini antara lain Rusia, Afrika Selatan, hingga Kanada. Bahkan di tahun 2022, harga Rhodium naik 30% dibandingkan harga sebelumnya.

 

2. Platinum

Logam platinum seperti halnya rhodium, selain berharga juga dikenal memiliki ketahanan luar biasa terhadap korosi, bahkan ketika berada di suhu tinggi sekalipun.

Bahkan logam jenis platinum ini disebut sulit didapatkan dibanding logam mulia emas. Beberapa negara yang menjadi penghasil platinum terbesar di dunia antara lain di Afrika Selatan, Kanada, dan Rusia.

 

3. Emas

Logam emas memang tidak sulit ditemui. Bahkan logam emas masih dielu-elukan oleh kalangan masyarakat luas. Namun juga harga kian tahun semakin menajak harganya.

Meski urutan nomor 3, emas masih menjadi primadona untuk aksesoris perhiasan di tengah masyarakat. Sementara itu terdapat empat negara yang menjadi penghasil emas terbesar saat ini adalam Afrika Selatan, USA, Australia, dan China.

 

4. Ruthenium

Meski nama logam ini jarang didengar oleh kalangan awam, logam ini tidak kalah berharga dan memiliki kegunaan yang penting dalam urusan hajat hidup orang banyak.

Logam jenis ini sering ditemukan dalam perangkat elektronik sebagai wadah untuk sambungan listrik dalam sebuah perangkat. Sebab itu logam ini penting dibutuhkan dalam industri elektronik di dunia.

 

5. Iridium

Logam jenis iridium ini merupakan logam silver dengan densitas paling tinggi nomer dua di planet bumi. Seperti yang lain ia memiliki sifat anti korosi yang tingg.

Pada umumnya logam ini dimanfaatkan untuk insutri kesehatan, sepeda ingga elektronik. Untuk mendapatkan logam dengan kandungan iridium ini biasanya ditemukan di meteorit.

Itulah 5 logam mulia yang berharga atau mahal di dunia ini yang memiliki spesifikasi dan kegunaan tidak kalah penting satu sama lain.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS