Pasca Vaksinasi PMK, DKP2P Tuban Ambil Sampel Darah Hewan Ternak

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP2P) Tuban mengambil sampel darah hewan ternak sapi yang telah divaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

Kegiatan yang dilakukan mulai Selasa kemarin (25/10/2022) tersebut didampingi Babinsa Koramil 20 Grabagan Kodim 0811 Tuban. 

Hal ini dilakukan untuk mengetahui segala bentuk penyakit hewan khusunya di sekitar Kecamatan Grabagan.

Petugas kesehatan hewan, drh. Chandra mengatakan, pengambilan sampel darah ini melibatkan 70 ekor hewan ternak sapi. Tujuan dilakukan hal ini untuk mengetahui adanya beberapa penyakit pada ternak sapi.

Selain itu, lanjut Chandra juga untuk mengetahui tingkat kadar suatu zat yang terkandung dalam darah ternak tersebut. Pengambilan darah atau venesectio merupakan salah satu hal yang terpenting dari dunia peternakan.

"Dengan pengambilan darah kita bisa mengetahui beberapa penyakit yang terjangkit hewan misalnya Penyakit BVD Virus (Bovine viral diarrhea), Surra, Jembrana Disaese (JD)," ungkapnya.

Sememtara itu Babinsa Koramil 20 Grabagan Serka Saekul mangatakan bahwa Koramil 20 Grabagan sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini. Sebab ini merupakan langkah deteksi dini yang di lakukan dinas terkait untuk mengetahui segala penyakit pada hewan ternak khususnya sapi dengan mengambil sampling di Grabagan.

"Dengan adanya pemeriksaan dan pengambilan sampel darah diharapkan dapat memberikan solusi dalam mengantisipasi penyebaran virus dan penyakit pada ternak sapi sehingga dapat diatasi sejak dini," ujarnya.[Dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS