Tim Voli Duduk NPCI Tuban Juara 1 di Sparing, Pelatih : Teknik, Taktik, dan Mental Perlu Dievaluasi

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - National Paralimpic Commite Indonesia (NPCI) Kabupaten Tuban baru membentuk tim voli duduk beberapa bulan yang yang lalu. Hasilnya sangat memuaskan dengan melihat hasil sparing di Lapangan Tenis Indoor Pemkab Tuban. Melawan tim voli duduk kabupaten lain, tim NPCI Tuban berhasil menjadi juara 1.

Menjadi angin segar bagi para atlet karena voli duduk seperti Kediri, Nganjuk, Ngawi, Blitar, Pasuruan, telah ada sejak lama. Sementara tim Kabupaten Tuban yang baru dibentuk mampu menjadi juara 1 mengalahkan tim yang notabene lebih senior. 

Untuk juara 2 dalam sparing tersebut, diraih oleh Kabupaten Ngawi dan juara 3 merupakan juara bersama yaitu Kabupaten Blitar dan Kabupaten Pasuruan.

“Kita bisa menjuarai juara satu itu di luar dugaan pengurus NPCI. Kami sangat bersyukur bisa menjadi juara 1,” ujar Ketua NPCI Tuban, Setiawan Gema Budi kepada blokTuban.com, Senin (12/09/2022).

Baca juga :

Lima Venue Ini Dinilai KONI Layak untuk Porprov VIII 2023

Matangkan Persiapan Peparporv 2022, NPCI Tuban Gelar Sparing Voli Duduk dan Catur

Porprov VIII 2023 Digelar Saat Libur Sekolah, Batas Maksimal Usia Peserta 23 Tahun

Kendati demikian, Didik Tri Purwanto sebagai pelatih tidak merasa puas begitu saja. Ia ingin mencoba tim-tim yang lebih hebat lagi dan dipertimbangkan seperti Surabaya, Gresik, hingga Sidoarjo.

“Sebelum kejuaraan dimulai saya ingin mengadakan try out atau latihan dengan tim-tim hebat yang ada di Surabaya, Gresik dan Sidoarjo,” sambung Didik selaku kepala pelatih persatuan bola voli Indonesia (PBVI) Tuban.

Dari permainan kemarin, lanjut Didik tim voli duduk NPCI Kabupaten Tuban masih perlu banyak yang dievaluasi seperti tentang fisik, teknik, taktik, dan mental. Untuk latihan masih sama, akan terus dilakukan latihan rutin setiap Jumat sore di padepokan bola voli Sor Gayam belakang Pasar Merakurak. 

"Saat ini kita latihan satu minggu sekali. Setelah jadwal Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) diumumkan, kita akan membuat program latihan dan mencari hasil semaksimal mungkin," tambahnya.

Didik berharap dengan adanya prestasi ini membuktikan bahwasanya disabilitas juga bisa berprestasi. Ia mendorong disabilitas yang belum bergabung mengikuti NPCI, agar segera bergabung dan meraih prestasi.

 

"Dapat ikut voli duduk atau ikut olahraga lainnya," pungkasnya. [Nur/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS