Polres Tuban Prediksi Puncak Arus Mudik pada H-3 Lebaran 2022

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Satuan Kepolisian Resort (Polres) Tuban, pada Rabu (27/4/2022) melaksanakan pengecekan Pos Pengamanan (Pos PAM) mudik yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, guna memastikan kelancaran pemudik

Lonjakan puncak arus mudik di Kabupaten Tuban diprediksi terjadi pada H-3 menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti. Kepala Urusan Pembinaan Operasi Lantas (KBO), IPTU Sampir Santoso menyampaikan, pengecekan yang dilakukan di Pos Pam meliputi tiga aspek yaitu kesiapan pos, kesiapan petugas, serta pengecekan pelaksanaan vaksin bagi para pemudik

Pos PAM sendiri, tidak hanya berfungsi sebagai pengamanan serta pemantauan arus mudik saja, akan tetapi juga melayani para pemudik yang belum melakukan vaksinasi. Pasalnya, di pos perbatasan tersebut telah disediakan gerai vaksin dan juga para Tenaga Kesehatan yang siap melayani. 

“Pengecekan meliputi kesiapan Pos PAM, kesiapan petugas yang akan mengawaki, pengecekan pelaksanaan vaksin bagi pemudik dari arah Semarang ke Surabaya berjalan lancar,” terangnya saat dikonfirmasi blokTuban.com, Rabu (27/4/2022). 

Selain itu, IPTU Sampir menambahkan jika memasuki H-5 lebaran Idul Fitri 1443 H ini pantauan arus mudik dari Jawa Tengah menuju Jawa Timur di Pos PAM, masih terbilang lancar dan belum ada tanda-tanda adanya peningkatan kendaraan baik R2 maupun R4 yang signifikan. 

“Belum ada (lonjakan pemudik), diperkirakan lonjakan arus mudik H-3 dan arus balik H+3 lebaran,” katanya. 

Dengan demikian, ia berharap agar para pemudik benar-benar mempersiapkan kelengkapan berkendara dan mengecek kendaraan terlebih dahulu sebelum berangkat. Dengan tujuan agar mudik bisa berjalan dengan lancar dan aman. 

“Harapannya bagi para pemudik siapkan surat perlengkapan kendaraan yang dibutuhkan cek sebelum berangkat, diusahakan sebelum berangkat vaksin terlebih dahulu agar perjalanan aman dan nyaman. Serta patuh rambu-rambu lalu lintas, bila capek istirahat,” imbuhnya.

Diketahui, pada H-6 Lebaran tahun 2022 pada Selasa (26/4), tercatat 7.501 kendaraan telah melintasi Kabupaten Tuban. Data tersebut terekam petugas di pos perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah di Kecamatan Bancar, Rabu (27/5/2022). 

Kendaraan yang melintasi Tuban terdiri dari kendaraan pribadi, umum, barang, dan tidak bermotor. Jumlah kendaraan pribadi dibagi dua yaitu sepeda motor sebanyak 2603 unit, dan sedan/jeep/van sebanyak 958 unit. 

Untuk umum dibagi menjadi besar/sedang sebanya\k 110 unit, angkota.MPU sebanyak 52 unit. Terbanyak adalah kendaraan barang terdiri dari truk besar/gandeng/trailer sebanyak 1865 unit, truk sedang 1297 uniit, dan pick up 616 unit. [Sav/Ali]