18:00 . Sosiawan Leak Tour ke Tuban, Antusias Berpuisi Tinggi   |   17:00 . Sinopsis Film Argantara yang Dibintangi Aliando dan Natasha Wilona   |   16:00 . Nasabahnya Jadi Korban Link Mirroring , BRI Tuban: Itu Keteledoran, Tak Ada Ganti Rugi   |   15:00 . Film Berjudul Sandal, Antarkan Guru Tuban Juara di GCC Batch 3   |   14:00 . Cabai dan Tomat di Tuban Turun Rp3.000, Telur Ayam Naik Rp1.833 per Kilogram   |   13:00 . Prediksi Cuaca Tuban 28 November: Hujan Merata di Siang Hari   |   12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekening Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pentol Petis Mak Kemis, Jajanan Khas Pesisir Bulu Bancar

bloktuban.com | Thursday, 07 April 2022 09:00

Pentol Petis Mak Kemis, Jajanan Khas Pesisir Bulu Bancar Pentol Petis Mak Kemis jadi jajanan yang diburu santri dan masyarakat di Bancar. (Foto:Lin/blokTuban.com)

Reporter : Siti Yuhani Lailatul Erlina Nur Rahmawati

blokTuban.com - Pentol merupakan jajanan tradisional yang digemari oleh semua kalangan. Umumnya berbentuk bulat dan terbuat dari tepung kanji dan terigu yang diberi campuran daging. Jajanan tersebut lebih enak ketika dinikmati dengan saus, kecap, dan sambal.

Di wilayah pesisir Tuban yang terletak di jalan penghubung Desa Banjarjo dengan Desa Boncong, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban terdapat warung pentol petis Mak Kemis. Warga setempat biasa menyebut pentol petis Bulu.

Menu yang disediakan Mak Kemis adalah rujak buah petis, pentol petis, gorengan, krupuk, es dan beberapa minuman lainnya. Kendati demikian, yang lebih dikenal pembeli adalah kelezatan pada pentol petis. 

Ketika membuat sambal petis, Mak Kemis menggunakan bahan petis ikan, gula Jawa dan cabai lalu diulek menjadi satu dan diberi air asam Jawa. Untuk bahan untuk membuat pentolnya adalah tepung terigu, tapioka, daun bawang, ikan, dan penyedap rasa. 

Ketika semua bahan sudah siap, adonan tepung kemudian dicampur dengan ikan yang sudah dihancurkan. Setelah itu dibentuk bulat-bulat kecil lalu digoreng.

Setiap harinya pentol petis milik Mak Kemis menghabiskan sekitar 15 sampai dengan 16 kilogram. Mulai buka dari pukul 09:00 sampai 16:00 WIB. Pada bulan puasa

hanya menghabiskan sekitar enam kilo yang dibuka mulai pukul 16:00 Wib sampai waktu adzan maghrib kemudian tutup lagi dan dibuka lagi setelah tarawih. Mak Kemis pemilik warung pentol petis Bulu mengaku, sudah berjualan sejak sepuluh tahun yang lalu. 

“Sejak tahun 2012 saya mulai berjualan dan Alhamdulillah rame pengunjung,” ujar Mak Kemis kepada blokTuban.com, Kamis (7/4/2022)

Pengunjung yang datang di warung Mak Kemis berasal dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Tuban. Letaknya strategis karena berada di dekat perbatasan Jawa Timur

yaitu Kecamatan Bancar dengan Jawa Tengah yaitu Kecamatan Sarang. Banyaknya pondok pesantren di kawasan itu, membuat para santri yang berdatangan menikmati pentol petis Bulu di warung Mak Kemis.

Pentol Petis Mak Kemis satu porsinya dibandrol sepuluh ribu rupiah yang bisa dinikmati dua sampai tiga orang karena porsinya yang melipah. Rasanya yang gurih dan petisnya yang terkenal pedas memadukan rasa yang nikmat. Tak salah bila digemari oleh para pembeli dari berbagai daerah. [Lina/Ali]

Tag : pentol petis, ngabuburit, rujak petis, mak kemis, jajanan bulu bancar, berita tuban, info tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat