Masuk Keluar Jatim Saat Idul Adha, Pemudik Harus Negatif Covid-19

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah pengendara roda empat dan roda dua menjalani Test Swab Antigen di pos penyekatan Jateng-Jatim di wilayah Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban.

Hal tersebut sebagai upaya untuk menekan lonjakan kasus Covid-19 pasca perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M.

Puluhan pemudik roda empat dan roda dua dari arah Jawa Tengah yang menuju kawasan Jawa Timur ataupun sebaliknya diminta untuk menjalani Test Swab Antigen di pos penyekatan tersebut, Selasa (20/7/2021) Siang.

Komandan Koramil (Danramil) 0811/12 Bancar Kapten Arm Endri Prihantono yang memimpin kegiatan di Pos Penyekatan Perbatasan Jateng-Jatim mengatakan, bahwa para pemudik yang terjaring di pos penyekatan mayoritas berasal dari Jawa Timur dan akan pulang ke kampung halamannya. Seluruh pemudik harus dipastikan bebas Covid-19 sebelum melanjutkan perjalanan.

“Pemeriksaan terhadap warga masyarakat yang melintas, yang diindikasi tidak mempunyai surat kelengkapan jalan seperti Rapid Test maupun Kartu Vaksin maka langsung dilakukan Test Swab Antigen,” katanya.

Menurut Danramil, ada sekitar 20 petugas gabungan yang bersiaga di sejumlah titik penyekatan. Para pemudik yang melintas dihentikan untuk kemudian menjalani Test Swab Antigen. Pemudik yang dinyatakan negatif Covid-19, diperbolehkan kembali melintas ke tempat tujuan. Hari ini belum ada pemudik yang menunjukkan hasil Test Swab Antigen positif Covid-19.

Sukarman salah satu pemudik asal Gersik Jawa Timur yang akan menuju ke kampung halamannya saat setelah menjalani Test Swab Antigen menuturkan, dirinya bebas Covid-19. Ia pun merasa lega karena diperbolehkan melanjutkan perjalanan kembali.

“Hasilnya negatif Covid-19, jadi saya bisa lanjut ke Jawa Timur,” ucapnya sembari lega karena bisa meneruskan perjalanannya. [ali/sas]