12:00 . Olah Limbah Ban Bekas, Warga Tuban Raup Cuan   |   11:00 . Kopi Dicampur Kunyit Bisa Mencegah Diabetes? Ini Alasannya   |   10:00 . Trending Youtube, Lirik Lagu Ay-Yo - NCT 127 (Repackaged) Lengkap Beserta Terjemah Indonesia   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 31 Januari Turun di Level Rp1.027.000 Per Gram   |   08:00 . blokBojonegoro Lolos Tahap 2 Calon Anggota MCH 2023   |   07:00 . Resep Prol Tape Tanpa Pakai Mixer, Bisa Langsung Dicoba di Rumah   |   06:00 . Keutamaan Mengamalkan Doa Sapu Jagat, Dibaca Setelah Sholat Fardhu   |   18:00 . Ular Piton Sepanjang 4 Meter Ditemukan di Kandang Ayam Milik Warga di Tuban   |   17:00 . Satus Sengketa Tanah Warga dan Polri di Tuban, Adalah Lapangan Tembak Milik Polres   |   16:00 . Boster ke-2 Sudah Disediakan Bagi Masyarakat Tuban Untuk Cegah Varian Covid Lainnya   |   15:00 . Narapidana Terorisme asal Kudus Dibebaskan Bersyarat oleh Lapas Tuban   |   14:00 . Mengenal Ajian di Budaya Jawa yang Telah Ada Sejak Jaman Dulu   |   13:00 . Turun Rp5.000, Cabai Rawit di Tuban Kini Jadi Rp50.000/Kilogram   |   12:00 . 5 Lokasi Beli Ice Cream Enak dan Murah di Tuban   |   11:00 . Manfaat Bersihkan Area Gigi dengan Siwak, Sunnah Rasulullah Sejak Dulu   |  
Tue, 31 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jelang Idul Fitri, Bisnis Kue Kering Dadakan Membludak

bloktuban.com | Thursday, 21 April 2022 17:00

Jelang Idul Fitri, Bisnis Kue Kering Dadakan Membludak Aneka macam ke kering yang cocok menjadi suguhan lebaran. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Menjelang datangnya hari raya Idul Fitri 1443 H, masyarakat mulai berbondong-bondong menyiapkan berbagai kebutuhan. Seperti pakaian baru hingga makanan yang akan dihidangkan untuk menjamu para tamu yang berkunjung. 

Maka tak heran, jika momentum tersebut dimanfaatkan oleh kebanyakan masyarakat untuk menambah nilai ekonomis dengan menjual berbagai pernak pernik lebaran. Salah satu bisnis dadakan jelang Idul Fitri yang kerap dilakoni masyarakat ialah menjual kue kering. 

Seperti halnya Kayami, masyarakat asal Desa Margosoko, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban yang memanfaatkan adanya peluang tersebut dengan membuka bisnis kue kering dari tahun ke tahun setiap bulan Ramadan tiba. 

“Alhamdulillah tahun ini kembali buat kue kering untuk lebaran lagi. Sebenarnya sebelum punya usaha saya sudah produksi kue lebaran, sudah sekitar 6 tahunan,” terangnya kepada blokTuban.com, Kamis (21/4/2022).

Ada berbagai macam kue lebaran yang dibuat oleh Ami, seperti kue nastar, kue kacang, kue semprit dan masih banyak lagi. Selain membuat kue, ia juga menyediakan jajanan lainnya seperti kacang bawang ataupun kacang pedas manis yang kerap disuguhkan di rumah-rumah warga. 

Harga yang ditawarkan untuk berbagai macam produk olahannya sendiripun berbagai macam, yaitu mulai dari harga Rp20 ribu hingga Rp45 ribu per kemasan tergantung jenis dan ukuran yang diminta oleh pelanggan. 

“Ada paket 3 itu harga Rp50 ribu, untuk toples isi setengah kilogram jual Rp45 ribu. Terus jual yang kiloan juga, harganya dari Rp45 ribu sampai Rp20 ribu beda ukuran,” katanya. 

Selama bertahun-tahun melakoni bisnis kue lebaran, menurut perempuan berhijab tersebut pada tahun ini penjualannya mulai meningkat jika dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya, akibat dari adanya pandemi Covid-19. 

Menurutnya, selain pandemi tidak ada kendala berarti yang dihadapinya selama melakoni bisnis tersebut. Hanya saja, menurutnya persaingan harga kue membuatnya merasa sedikit resah. 

“Alhamdulillah nggak ada kendala, cuma persaingan harga saja yang bikin resah karena harga pabrik yang lebih murah kalau dibandingkan home made. Tapi alhamdulillah tahun ini mendingan karena Covid sudah hilang, dua tahun kemarin terdampak Covid,” tuturnya. 

Lebih lanjut, perempuan 40 tahun itu juga bercerita jika pada Ramadan hari ke-5 ia sudah mulai produksi dan akan tutup orderan 10 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, dalam beberapa minggu berjualan kue kering, rata-rata dalam sehari Ami mengaku bisa menjual sekitar tiga hingga lima lusin kue dalam sehari. 

“Puasa 5 hari sudah produksi dan minta dikirim, kalau close ordernya H-10 lebaran. Kalau penjualan nggak pasti, tapi rata-rata sehari dapat 3 lusin tapi kadang juga 5 lusin,” imbuhnya. [Sav/Ali] 

 

Tag : Idul Fitri, Bisnis Kue Kering, Membludak, Bancar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat