22:00 . Warga Bojonegoro Jadi Pemenang Lomba Kicau Nasional di Tuban, Burungnya Ditawar Rp100 Juta   |   21:00 . Desa Klotok Tuban Sukses Gelar Festival Layang-layang Nasional 2022   |   20:00 . Beruntungnya Punya Nama Agus dan Berakhiran Tie Dapat Nasi Kemerdekaan di Warung Tuban Ini   |   19:00 . Ratusan Burung 6 Jenis Ini Tampil Memukau di Lomba Kicau Nasional di Tuban   |   18:00 . 7 Rekomendasi Sewa Kostum dan Rias di Tuban Cocok untuk Karnaval Kemerdekaan   |   17:00 . Di bawah DKI Jakarta, Gubernur Khofifah Minta Pengusaha APINDO Pertahankan Iklim EKonomi Jatim   |   16:00 . Setelah Minyak Goreng Kemasan Turun, Hari Ini Sembako di Tuban Stabil   |   15:00 . Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda   |   14:00 . Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda   |   13:00 . Kabar Baik, 4 Zodiak Berikut ini Hidup Berkelimpahan di Bulan Agustus   |   12:00 . Bediang Berujung Petaka, Warga Tuban Kehilangan Rumah, Kandang dan Tiga Kambing   |   11:00 . Dok! PA Kabulkan Dispensasi Nikah Santriwati Korban Pencabulan Anak Kiai di Tuban   |   10:00 . Jelang HUT RI ke-77 Tahun, Persewaan Kostum Karnaval di Tuban Kebanjiran Orderan   |   09:00 . Lirik Lagu FOREVER 1 - Girls' Generation/ SNSD - SMTOWN   |   08:00 . Ini Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Ketahui Keutamaannya   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jelang Idul Fitri, Bisnis Kue Kering Dadakan Membludak

bloktuban.com | Thursday, 21 April 2022 17:00

Jelang Idul Fitri, Bisnis Kue Kering Dadakan Membludak Aneka macam ke kering yang cocok menjadi suguhan lebaran. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Menjelang datangnya hari raya Idul Fitri 1443 H, masyarakat mulai berbondong-bondong menyiapkan berbagai kebutuhan. Seperti pakaian baru hingga makanan yang akan dihidangkan untuk menjamu para tamu yang berkunjung. 

Maka tak heran, jika momentum tersebut dimanfaatkan oleh kebanyakan masyarakat untuk menambah nilai ekonomis dengan menjual berbagai pernak pernik lebaran. Salah satu bisnis dadakan jelang Idul Fitri yang kerap dilakoni masyarakat ialah menjual kue kering. 

Seperti halnya Kayami, masyarakat asal Desa Margosoko, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban yang memanfaatkan adanya peluang tersebut dengan membuka bisnis kue kering dari tahun ke tahun setiap bulan Ramadan tiba. 

“Alhamdulillah tahun ini kembali buat kue kering untuk lebaran lagi. Sebenarnya sebelum punya usaha saya sudah produksi kue lebaran, sudah sekitar 6 tahunan,” terangnya kepada blokTuban.com, Kamis (21/4/2022).

Ada berbagai macam kue lebaran yang dibuat oleh Ami, seperti kue nastar, kue kacang, kue semprit dan masih banyak lagi. Selain membuat kue, ia juga menyediakan jajanan lainnya seperti kacang bawang ataupun kacang pedas manis yang kerap disuguhkan di rumah-rumah warga. 

Harga yang ditawarkan untuk berbagai macam produk olahannya sendiripun berbagai macam, yaitu mulai dari harga Rp20 ribu hingga Rp45 ribu per kemasan tergantung jenis dan ukuran yang diminta oleh pelanggan. 

“Ada paket 3 itu harga Rp50 ribu, untuk toples isi setengah kilogram jual Rp45 ribu. Terus jual yang kiloan juga, harganya dari Rp45 ribu sampai Rp20 ribu beda ukuran,” katanya. 

Selama bertahun-tahun melakoni bisnis kue lebaran, menurut perempuan berhijab tersebut pada tahun ini penjualannya mulai meningkat jika dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya, akibat dari adanya pandemi Covid-19. 

Menurutnya, selain pandemi tidak ada kendala berarti yang dihadapinya selama melakoni bisnis tersebut. Hanya saja, menurutnya persaingan harga kue membuatnya merasa sedikit resah. 

“Alhamdulillah nggak ada kendala, cuma persaingan harga saja yang bikin resah karena harga pabrik yang lebih murah kalau dibandingkan home made. Tapi alhamdulillah tahun ini mendingan karena Covid sudah hilang, dua tahun kemarin terdampak Covid,” tuturnya. 

Lebih lanjut, perempuan 40 tahun itu juga bercerita jika pada Ramadan hari ke-5 ia sudah mulai produksi dan akan tutup orderan 10 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, dalam beberapa minggu berjualan kue kering, rata-rata dalam sehari Ami mengaku bisa menjual sekitar tiga hingga lima lusin kue dalam sehari. 

“Puasa 5 hari sudah produksi dan minta dikirim, kalau close ordernya H-10 lebaran. Kalau penjualan nggak pasti, tapi rata-rata sehari dapat 3 lusin tapi kadang juga 5 lusin,” imbuhnya. [Sav/Ali] 

 

Tag : Idul Fitri, Bisnis Kue Kering, Membludak, Bancar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat