18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |   08:00 . 5 Butir Isi Perjanjian Hudaibiyah, Antara Kaum Muslim dan Quraisy   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022, Minat Vaksinasi Masyarakat di Kabupaten Tuban Meningkat

bloktuban.com | Wednesday, 20 April 2022 11:00

Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022, Minat Vaksinasi Masyarakat di Kabupaten Tuban Meningkat Dinkes Tuban mencatat antusias vaksinasi booster meningkat jelang Idul Fitri. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun ini, pemerintah resmi mengizinkan masyarakat Indonesia untuk mudik lebaran ke kampung halaman dengan beberapa persyaratan. Salah satunya dengan melakukan vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster. 

Adanya keputusan tersebut, rupanya membuat minat masyarakat Indonesia untuk melakukan vaksinasi Booter meningkat di sejumlah daerah, tak terkecuali di Kabupaten Tuban. 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo jika saat ini minat vaksinasi di Kabupaten Tuban meningkat setiap harinya. Hal itu terbukti jika di bulan April ini tingkat capaian vaksinasi Booster di Kabupatn Tuban meningkat menjadi 8.2 persen. 

“Rata-rata digerai kita setiap hari meningkat 20, 30 sampai 40 lebih juga kadang-kadang,” katanya kepada blokTuban.com, Rabu (20/4/2022) saat ditemui di ruang kerjanya.

Meningkatnya capaian vaksin booster tersebut, lanjut Bambang dilatar belakangi karena banyaknya masyarakat yang takut tidak bisa mudik lebaran dan juga menginginkan mudik dalam keadaan sudah aman, karena telah tervaksinasi dengan lengkap. 

Akibat tingginya minat masyarakat untuk melakukan vaksinasi dosis ketiga, saat ini pihak Dinkes sedikit kuwalahan terkait penyediaan vaksin yang diperlukan, karena ketersediaan stok yang tidak sebanyak dulu. 

“Resikonya, sekarang vaksinnya kan sudah tidak selancar dan sebanyak dulu. Suatu misal yang pertama pakai sinovac, kedua sinovac, yang ketiga harus sinovac sudah kosong harus nunggu. Kan nggak bisa booster akhirnya, dulu masih banyak saja masyarakat sulit melakukan dosis ketiga,” paparnya. 

Kendati demikian, ia mengaku tetap berusaha untuk melayani permintaan masyarakat terkait vaksin booster dengan terus mengajukannya ke Provinsi hingga ke pusat. 

Hal ini, dilakukan agar masyarakat bisa mudik dan bersilaturahim dalam keadaan aman dan nyaman, baik menggunakan kendaran peribadi, pesawat, bus, ataupun kereta api. 

“Kalau memang booster belum bisa, kalau mudik kalau baru dua vaksin yang primer itu satu dan dua harus didampingi harus ada syarat swabnya. Kan kasihan, setiap swab di swasta kan juga mahal sekarang sudah Rp100 ribu lebih, jadi kalau sudah booster kan enak, mudik naik pesawat, kereta api bebas kalau sudah vaksin booster,” tutupnya. [Sav/Ali]

 

Tag : vaksin booster, syarat mudik, antusias, Dinkes Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat