18:00 . Sosiawan Leak Tour ke Tuban, Antusias Berpuisi Tinggi   |   17:00 . Sinopsis Film Argantara yang Dibintangi Aliando dan Natasha Wilona   |   16:00 . Nasabahnya Jadi Korban Link Mirroring , BRI Tuban: Itu Keteledoran, Tak Ada Ganti Rugi   |   15:00 . Film Berjudul Sandal, Antarkan Guru Tuban Juara di GCC Batch 3   |   14:00 . Cabai dan Tomat di Tuban Turun Rp3.000, Telur Ayam Naik Rp1.833 per Kilogram   |   13:00 . Prediksi Cuaca Tuban 28 November: Hujan Merata di Siang Hari   |   12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekening Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kreativitas Anak-anak Desa Lajokidul Buat Replika Sapi untuk Takbir Keliling

bloktuban.com | Sunday, 24 April 2022 09:00

Kreativitas Anak-anak Desa Lajokidul Buat Replika Sapi untuk Takbir Keliling Setiap hari anak-anak di Desa Laju Kidul meluangkan waktu untuk menyelesaikan pembuatan replika sapi. (Foto:Lina/blokTuban.com)

Reporter : S.Y. Lailatul Erlina N.R.

blokTuban.com - Mendekati lebaran membawa aroma kebahagiaan bagi seluruh kalangan. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun ikut antusias menyambut lebaran. Sebagai hari kemenangan, malam takbir menjadi momen yang ditunggu oleh umat muslim.

Menyambut hari kemenangan, tak lengkap rasanya jika tanpa menyuguhkan ide-ide kreatif dari para remaja ataupun pemuda yang diekspresikan dalam bentuk karya. Lain halnya di Desa Lajokidul, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, jiwa kreativitas anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar merealisasikan ide kreatifnya dengan membuat replika sapi yang dirangkai dari potongan bambu.

Salah seorang ibu rumah tangga, Ruliatik (37) yang halamannya digunakan anak-anak membuat replika sapi mengatakan bahwa ide dan pembuatannya murni dari anak-anak tanpa bantuan orang dewasa.

“Sudah dua tahun ini anak-anak membuat replika dari bambu, tahun lalu membuat kupu-kupu kalau saat ini membuat sapi. Kami satiap hari cuma melihat, mereka  membuat kerangkai tanpa bantuan orang dewasa” ucap Ruliatik (37) kepada blokTuban.com, Minggu (24/04/2022).

Terdapat 20 anak yang mendatangi halaman rumah Ruliatik dari awal bulan puasa. Biasanya pada siang hari sepulang sekolah dan malam hari setelah tarawih ramai anak-anak bermain dan membuat replika sapi.

Bahan yang mereka gunakan adalah bambu yang dibeli dari milik warga seharga sepuluh ribu rupiah setiap satu batang pohon bambu. Informasi dari anak-anak mereka telah mengabiskan enam batang pohon bantu dalam pembuatan replika sapi dan dua kilo gram bendrat yang digunakan untuk merangkai bambu yang akan dibuat.

Replika sapi yang masih berbentuk kerangka dengan tinggi dua meter dan panjang lima meter, menghabiskan 70 lebih kertas semen bekas yang didapat dari beberapa warga. Untuk melekatkan kertas semen anak-anak semakin kreatif, tidak menggunakan lem yang dijual di toko, namun menggunakan adonan sagu agar lebih hemat biaya.

“Mendekati akhir puasa, replika sapi sudah hampir selesai, katanya tinggal di cat dan diberi pernak penik lampu saja,” tandasnya. [Lina/Ali]

 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, Replika Sapi, Takbir Keliling, Anak Lajukidul, Tuban Selatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat