19:00 . Wasit Keluarkan 2 Kartu Merah, Tim Salafiyah Kholidiyah Plumpang Lolos FInal   |   18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mengintip Festival Ramadan Pondok Pesantren Darul Ma’arif Tuban

bloktuban.com | Saturday, 23 April 2022 18:00

Mengintip Festival Ramadan Pondok Pesantren Darul Ma’arif Tuban Santri pesantren kilat membagikan takjil kepada pengguna jalan di Bundaran Taman Sleko Tuban. (Istimewa)

Penulis : Siti Nurjana

blokTuban.com - Bulan suci Ramadan 1443 H merupakan bulan penuh ampunan maghfiroh, dan menjadi ladang amal bagi yang bisa melakukannya. Oleh sebab itu, Pondok Pesantren Darul Maarif (PPDM) Tuban yang berada di selatan Kampus Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) mengemas suasana ramadan sangat unik. 

Serangkaian acara tersebut dikemas dengan acara Festival Ramadan PPDM. Dimulai dengan pesantren kilat yang di ikuti oleh siswa siswi MINU Hidayatun Najah. Untuk yang pertama kalinya pondok pesantren Darul Ma'arif Tuban bekerja sama dengan lembaga formal. 

Disebut pesantren kilat karena kegiatannya dilaksanakan selama dua minggu tepat pada awal Ramadan pada 03-18 April 2022.

Selama pesantren kilat berlangsung diisi dengan pengajian kitab, belajar menulis pegon, dan bagaimana kaidah-kaidah penulisannya dengan baik dan benar.  

Diharapkan pada santri setelah pulang dari pesantren kilat, khususnya siswa siswi MINU Hijah mendapatkan bekal khusuk untuk melanjutkan ke pondok pesantren.

"Adanya kegiatan ini dilakukan untuk melatih anak-anak agar belajar hidup mandiri, saling berbagi, dan belajar hidup sederhana," ujar Ustadzah Jazila.

Acara berikutnya yaitu malam Khotmil Quran (Malam Nuzulul Quran) yang dikemas dengan Tahtimul Quran dan tahlil dan diakhiri dengan penutupan pesantren kilat.

Pada hari berikutnya tanggal (19/04/2022) dilakukan buka bersama santri dan santriwati TPQ Darul Ma’arif melaksanakan bukber bersama wali santri.

"Dari kegiatan yang kita laksanakan ini, bisa menjalin tali silaturahim antar wali santri dan ustazah pengajar TPQ," terang ustazah Karimah menambahkan.

Diketahui, festival Ramadan ditutup dengan acara santri berbagi yakni acara bagi takjil yang dilaksanakan oleh santriwan dan santriwati TPQ Darul Ma’arif Tuban pada (21/04/2022) di Taman Sleko Pahlawan Tuban. Tujuannya melatih dan mengajari anak-anak untuk saling berbagi kepada sesama dan memuliakan bulan suci ramadan ini. (*)

 

 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, Pesantren Kilat, Takjil, PPDM



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat