Gelar Ramadan Berkah, PJB UBJOM Tanjung Awar-awar Bantu 100 Anak Yatim di Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Seperti tahun sebelumnya, PT. Pembangkitan Jawa-Bali (PT PJB) kembali mengisi momen Ramadan 1443 H untuk berbagi berkah untuk masyarakat di sekitar unit kerjanya. Kali ini, PT. PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar - awar memberikan 100 bantuan kepada anak yatim di Kabupaten Tuban khususnya yang berada di 5 desa sekitar PLTU Tanjung Awar-awar.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (20/4/2022) sekitar pukul 15.00 Wib itu, berlokasi di Gedung AKHLAK PLTU Tanjung Awar - awar Tuban. Hadir dalam acara General Manager UBJOM PLTU Tanjung Awar - awar beserta segenap manajemen, Kapolsek Jenu, AKP Gunawan Wibisono), Camat Jenu, Yoeliani Endang Poerwati, Danramil 0811 Jenu, Kapten Arh Sudiono, dan anak yatim. 

Ramadan berkah tahun ini, diawali dengan penyerahan simbolis bantuan yang diserahkan langsung oleh General Manager UBJOM PLTU Tanjung Awar - awar, Abdi Nafi diikuti peenyerahkan bantuan oleh Muspika di wilayah Jenu kepada penerima.

"Kegiatan ini merupakan sinergi antara Lembaga Amil Zakat Dan Infaq (LAZIS) PJB dengan CSR PJB serta partisipasi lainnya melalui serikat pekerja dan koperasi," tutur GM UBJOM PLTU Tanjung Awar-awar, Abdi Nafi kepada blokTuban.com.

Abdi Nafi menambahkan, bahwa Ramadan Berkah merupakan wujud rasa syukur PJB terhadap keberhasilan yang telah diraih selama ini. Hasil apapun yang telah dicapai tersebut dapat terwujud berkat doa serta dukungan masyarakat yang hidup berdampingan di sekitar unit pembangkit PJB.

Kado manis di awal tahun 2022 yang telah diterima PT PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-awar, yakni penghargaan nihil kecelakaan kerja atau K3 dari Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky. Ditambah, pembangkitan Jawa-Bali yang berdiri kokoh di tepi pantai Desa Wadung, Kecamatan Jenu juga menerima penghargaan dalam penanggulangan Covid-19, Selasa (8/3) lalu. 

Selanjutnya, pada periode penilaian Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Kementrian Lingkungan Hidup tahun 2020-2021, PT PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar Awar telah kembali dapat mempertahankan capaian PROPER Biru. 

Proper tersebut membuktikan bahwa PT PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar Awar telah taat melakukan pengelolaan lingkungan hidup dan mematuhi regulasi yang berlaku di Indonesia.

Tak berhenti disitu, PT PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-awar juga telah mendukung kegiatan pidato bahasa jawa dalam rangka melestarikan bahasa jawa sejak dini di Kabupaten Tuban. Lomba tingkat SMP yang digerakkan oleh Gerakan Tuban Menulis (GTM) itu, dibuka langsung oleh Bupati Halindra, Sabtu (19/3) lalu.

Bagi generasi sekarang, bahasa Jawa khususnya kromo inggil menjadi sesuatu yang sudah asing. Sebab, perkembangan peradaban yang terjadi saat ini ada pergeseran cara asuh orang tua yang tidak lagi mengajari anak menggunakan bahasa Jawa kromo atau bahasa Jawa halus, baik di kota maupun di desa. Sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan, PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-awar hadir untuk itu. 

Sebatas diketahui, pelaksanaan Ramadan Berkah ini diselenggarakan oleh 17 Unit PJB yang tersebar di seluruh Indonesia. yaitu Kantor Pusat, UP Paiton, UP Gresik, UP Brantas, UP Cirata, UP Muara Karang, UP Muara Tawar, UBJOM Tanjung Awar-awar, UBJOM Indramayu, UBJOM Pulang Pisau, UBJOM Sambelia, UBJOM Kaltim Teluk, UBJOM Paiton, UBJOM Pacitan, UBJOM Rembang, UBJOM Tenayan dan UBJOM Arun. [Ali]