11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |   14:00 . Bertajuk Tuban Specta Night, Karnaval Umum Kabupaten Tuban Akan Digelar Malam Hari   |   13:00 . Resep Keju Aroma, Jajanan Kekinian Cocok Untuk Ide Jualan dari Rumah   |   12:00 . Polres Tuban Tampilkan Kolosal Bumi Putera di Gebyar Malam Puncak Harmoni Nusantara 2022   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Melihat Eksistensi Mbah Sunti, Pengrajin Anyaman Bambu di Tengah Zaman Plastik

bloktuban.com | Monday, 11 April 2022 15:00

Melihat Eksistensi Mbah Sunti, Pengrajin Anyaman Bambu di Tengah Zaman Plastik Harga anyaman bambu Mbah Sunti sangat terjangkau kisaran tiga ribu hingga lima ribu rupiah. (Foto:Lina/blokTuban.com)

Reporter: Siti Yuhani Lailatul Erlina Nur Rahmawati

blokTuban.com - Anyaman merupakan produk lokal hasil kerajinan tangan yang wajib dilestarikan. Menganyam bisa menggunakan bambu, pandan, maupun plastik. Pada umumnya di Kabupaten Tuban anyaman yang sering dijumpai adalah anyaman bambu. 

Bambu sendiri menjadi hasil alam yang sering kali dimanfaatkan untuk kebutuhan dalam hal seni. Hasil dari anyaman bambu dapat menciptakan bermacam-macam barang yang sering dijumpai di lingkungan sekitar. 

Di Dusun Kwasen, Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan, Tuban misalnya terdapat anyaman bambu hasil kerajinan dari Mbah Sunti yang telah menekuni dari usia muda hingga senja.

Mbah Sunti yang sudah berusia sekitar 67 tahun, mengatakan saat usianya muda dilingkungannya banyak yang membuat anyaman dari bambu. Namun, saat ini sudah mulai sulit dijumpai. 

“Membuat anyaman bambu hanya dibuat aktifitas sampingan saja, karena keuntungan dari pembuatan anyaman bambu hanya sedikit. Lumayan sebenarnya digunakan tambahan pemasukan uang belanja sehari-hari,” terang Mbah Sunti kepada blokTuban.com, Senin (11/4/2022).

Anyaman bambu yang biasanya dibuat oleh Mbah Sunti berupa kukusan, besek, kalo, dan tumbu. Perbiji biasanya dijual seharga tiga ribu rupiah berukuran kecil dan lima ribu rupiah untuk ukuran yang agak besar.

Agar lebih ringan tidak menguras waktu dan tenaga, Mbah Sunti biasanya dibantu oleh suaminya ketika membuat anyaman.

Dusun Kwasen yang terletak di daerah pegunungan menjadi keuntungan tersendiri bagi Mbah Sunti. Sebab, di dalam hutan ada banyak pohon bambu yang tinggal memotongnya untuk bahan anyaman. 

Untuk pemasaran biasanya Mbah Sunti menjualnya ke Pasar Singgahan, Jojogan, Senori, dan Bangilan. Pada peringatan bulan Suro, biasanya tumbu lebih banyak diburu oleh pembeli. 

"Sehingga menghasilkan omset hingga ratusan ribu rupiah," tutupnya. [Lina/Ali]

 

 

 

Tag : Anyaman bambu, Mbah Sunti, Desa Kumpulrejo, Bangilan, Zaman Plastik, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat