21:00 . Tarik Investasi, SKK Migas Jadwalkan Konvensi Hulu Migas   |   20:00 . Peresmian Balai Seni Budaya Nusantara Tuban Dihadiri Nomo Koeswoyo   |   19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Becek Ndeso Mbah Sumini, Kuliner Legendaris Sejak 1970 di Singgahan

bloktuban.com | Saturday, 02 April 2022 13:00

Becek Ndeso Mbah Sumini, Kuliner Legendaris Sejak 1970 di Singgahan Semangkuk Becek Ndeso harus dinikmati dengan nasi paron (campuran nasi beras dan jagung). (Foto:Lin/blokTuban.com)

Reporter: Siti Yuhani Lailatul Erlina Nur Rahmawati

blokTuban.com - Becek merupakan makanan pedesaan khas Kabupaten Tuban berbahan dasar daging yang diolah menggunakan rempah-rempah dan berkuah santan. Biasanya makanan ini mudah didapat pada tiap-tiap acara hajatan. Daging yang biasanya diolah adalah daging kambing, sapi, dan mentok.

Wilayah pedesaan Tuban tepatnya di Dusun Ngablak, Desa Tingkis, Kecamatan Singgahan terdapat warung Becek Ndeso milik Mbah Sumini. Penjual legendaris itu mengatakan sudah berjualan sejak 52 tahun yang lalu. 

“Sejak muda sekitar tahun 1970 saya sudah berjualan, dulunya saya saja yang jualan becek daerah sini," ujar Mbah Sumini kepada blokTuban.com, Sabtu (2/4/2022). 

Becek Ndeso milik Mbah Sumini memiliki perbedaan dengan becek-becek yang dijajakan pada warung lain. Umumnya becek menggunakan santan, tetapi Becek Ndesonya diolah tanpa menggunakan santan dan diberi asam Jawa dengan menggunakan daging kambing dan sapi. 

Agar lebih nikmat dimakan menggunakan nasi paron (nasi jagung yang dicampur nasi beras). Memiliki cita rasanya yang lezat, warung Becek Ndeso tersebut diminati pembeli dari berbagai daerah. Seperti Surabaya, Mojokerto, Rembang, dan pembeli dari berbagai kecamatan di daerah Tuban. 

“Orang-orang jauh yang pernah beli di sini mesti balik lagi, katanya ketagihan rasanya beda sama di warung lain,” imbuh mbah Sumini. 

Setiap hari Becek Ndesonya menghabiskan daging tiga sampai empat kilo yang dimasak sendiri oleh Mbah Sumini di usianya yang senja itu. Satu porsi dibandrol seharga 25 ribu rupiah berisi satu mangkok besar dengan daging yang melimpah.

Warung Becek Ndeso buka dari jam tujuh pagi sampai jam empat sore. Pembeli biasanya rame berdatangan pada jam istirahat kerja yaitu dua belas siang. 

Setiap hari warung milik Mbah Sumini ramai pengunjung, sepi hanya dihari-hari musim hajatan. Selama puluhan tahun rasa Becek Ndeso memiliki rasa yang tidak berubah dan berbeda dari becek yang dijajakan ditempat lain, sehingga sampai saat ini tetap ramai pembeli dan menjadi warung legendaris di Kecamatan Singgahan Tuban. [Lina/Ali]

Tag : becek Ndeso, Mbah Sumini Singgahan, Becek Tingkis, Kuliner Tuban, bisnis Tuban, kuliner Legendaris, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat