Penjual Prediksi Harga Daging Sapi Makin Melambung Jelang Idul Fitri

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Harga jual komoditas daging sapi di beberapa pasar tradisional Kabupaten Tuban masih terpantau tinggi sejak menjelang bulan Ramadan beberapa Minggu lalu. 

Menurut Sriatun (32) salah satu penjual daging di Pasar Pramuka Tuban, jika harga komoditas daging sudah melonjak sejak Ramadan tahun lalu, yaitu kisaran Rp120 ribu per kilogramnya untuk daging kualitas premium yang dijualnya. 

"Harganya Rp120 ribu itu harga dari puasa tahun lalu sudah segitu, tinggal lihat jenisnya. Kalau mintanya yang bagus ya Rp120 ribu, jadi belum ada kenaikan lagi," terangnya kepada blokTuban.com, Sabtu (9/4/2022). 

Kendati saat ini belum ada kenaikan harga, perempuan ramah ini memprediksi jika menjelang hari raya idul Fitri nanti harga komoditas daging sapi akan mengalami kenaikan harga lebih parah dari yang sebelumnya. 

"Ini masih normal karena kenaikannya sejak Ramadan tahun kemarin. Ya, mungkin nanti pas menjelang hari lebaran naiknya kemungkinan," ungkapnya. 

Sementara, Kafi pengelola Pasar Baru Tuban mengatakan jika harga komoditas daging di Kabupaten Tuban masih tinggi seperti menjelang bulan Ramadan kemarin, yaitu berkisar Rp120 ribu per kilogramnya. Kendati demikian, masih ada juga pedagang yang menjual daging sapi dengan harga Rp110. Sebab hal itu tergantung kualitas dari daging sapi itu sendiri.

"Daging sapi naik sudah sebelum bulan puasa jadi puasa ini nggak naik. Tapi masih ada juga pedagang yang jual Rp110 ribu juga ada. Untuk macam-macam harganya kebanyakan tergantung lihat daginya," katanya. 

Sekedar diketahui, tingginya harga bahan pangan juga dialami oleh komoditas daging ayam yang masih bertengger di harga Rp35 ribu perkilogram nya. Hal tersebut terjadi disinyalir karena masih tingginya minat masyarakat dalam membeli komoditas tersebut. [Sav/Ali]