Mau Liburan Tahun Baru Melintasi Tuban, Hati-hati Lima Jalur yang Rawan Kecelakaan Maut

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bisa berlibur saat tahun baru adalah dambaan bagi sebagian besar orang. Sebelum bepergian bersama keluarga, alangkah baiknya mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang termasuk mengecek rute yang akan dilalui.

Bagi masyarakat yang akan melintasi Kabupaten Tuban, baik jalur Pantai Utara (Pantaura), tengah atau selatan harus lebih waspada. Sebab, dalam sepekan terakhir ada beberapa kali insiden kecelakaan maut dan menyebabkan enam nyawa melayang.

Bukan hanya warga sipil yang menjadi korban kecelakaan maut, akan tetapi ada satu anggota kepolisian Tuban. Sesuai catatan Satlantas Polres Tuban, ada beberapa jalur yang harus diwaspadai bagi pelancong atau rombongan yang mau liburan tahun baru.

Pertama adalah Jalan Gajah Mada Tuban atau perempatan Karang Waru. Jalur ini menjadi lokasi meninggalnya pengemudi Honda Jazz bernama Andrias Pudji Santoso (52), warga Dusun Pereng, Desa Purworejo, Kecamatan Jenu pada Kamis (30/12). 

Saat kendaraannya parkir di sebelah utara, ditabrak truk dari depan karena rem blong hingga ringsek. Jalur tersebut perlu diwaspadai sebab kondisinya ramai, banyak kendaraan parkir, dan titik berhentinya kendaraan di lampu merah.

Jalur kedua adalah Jalan Lingkar atau Ring Road yang menjadi lokasi meninggalnya anggota kepolisian Bripka Joko Supriyatno (37) menjadi korban kecelakaan tabrak lari saat pulang Dinas dari Polsek Merakurak pada Senin (27/12) malam. Jalur ini sangat berbahaya karena kondisinya gelap belum ada lampu penerangan, jauh dari pemukiman, dan kondisi jalan sepi dan lebar.

Berikutnya ada jalur Pantura Tuban Desa Minohorejo, Kecamatan Widang. Di lokasi tersebut menyebabkan seorang pengendara motor Vario bernama Subur (53), warga Desa Gesing, Kecamatan Semanding, menabrak truk yang sedang parkir. 

Jalan raya Tuban-Merakurak tepatnya di depan Perumdin SG Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak juga tidak kalah berbahaya, karena telah terjadi kecelakaan maut melibatkan dua sepeda motor dan mobil. Korban meninggal diketahui bernama Kaslan Effendianto (54), warga Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding.

Pada Rabu (29/12) juga terjadi kecelakaan maut di jalan raya Bancar-Jatirogo, Desa Ngujuran, Kecamatan Bancar. Di lokasi tersebut terjadi kecelakaan maut melibatkan truk tronton dengan dua mobil serta sepeda motor. Akibatnya dua orang yakni, Moh Zainal Rosid Abidin (26), warga Desa Dawung, Kecamatan Palang dan Kasmirah (40), warga Desa Ngepon, Kecamatan Jatirogo meninggal dunia di tempat.

"Untuk titik Jalan Ring Road tersebut memang rawan terjadinya kecelakaan, karena sudah beberapa kali terjadi kecelakaan. Kita selalu menghimbau kepada warga masyarakat pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara,” kata IPDA Eko Sulistyo, Kanit Laka Sat Lantas Polres Tuban kepada blokTuban.com, Jumat (31/12/2021).

Ipda Eko juga menghimbau pengguna jalan khususnya warga Tuban dalam perayaan tahun baru 2022 cukup dirayakan di rumah saja sambil ber do’a. Semoga semuanya tetap sehat rukun damai dan tetap kondusif demi keselamatan anda dan keluarga.

"Selain menghindari penularan covid 19, dan kerumunan yang tidak bermanfat musim akhir-akhir ini juga berdampak rawan kecelakaan akibat hujan dan banjir," tutupnya. [ali/ono]