Pemeriksaan Hewan Kurban Akan Dilakukan Mulai H-7 Idul Adha

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dinas Peternakan dan Perikanan (DPP) Kabupaten Tuban telah menjadwalkan mulai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban pada H-7 sebelum hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah.

Hal itu disampaikan oleh Kepala DPP Tuban melalaui Kasi Kesehatan Masyarakat Vetriner, Eny Dwi S. Menurutnya, pemeriksaan kesehatan hewan kurban sudah di jadwalkan mulai 16, 20, 21, 22 Agustus mendatang.

"Pemeriksaan akan dilakukan di pedagang, tempat-tempat pengepul hewan serta di hari H-nya dilakukan di musala, masjid dan tempat qurban lainya," kata Eny Dwi S saat ditemui di kantornya, Rabu (25/7/2018).

Eny Dwi menambahkan, petugas pemeriksaan kesehatan hewan nantinya akan disebar ke sejumlah tempat dan wilayah, termasuk petugas yang ada di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) juga akan diterjunkan untuk memeriksa kesehatan hewan di masing-masing Kecamatan.

"Untuk kita nanti rencananya melakukan pemeriksaan pada pengepul hewan kurban yang berada di wilayah Tuban, Semanding dan Merakurak," terangnya.

Lebih lanjut, dalam pemeriksaan kesehatan hewan kurban, DPP Tuban akan melakukan pemeriksaan mulai dari Anti Mortem yaitu kesehatan fisik pada hewan dan pemeriksaan Pos Mortem yaitu, pemeriksaan setelah hewan disembelih, seperti pada daging dan jeroan hewan.

Diketahui, pemeriksaan tersebut dilakukan oleh petugas guna untuk mengetahui apakah hewan kurban tersebut siap disembelih atau memiliki penyakit.[hud/ito]