Jika BNNK Terbentuk, Berapa Anggaran yang Harus Ditanggung Pemkab?

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kabar terbentuknya Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban semakin santer terdengar, meski saat ini Badan Narkotika Nasional (BNN) selaku induk BNNK terus berupaya berkoordinasi dengan Kemen PAN-RB.

Koordinasi sebelum pembentukan BNNK diperlukan, karena badan yang memerangi narkotika itu memerlukan perangkat dari unsur pegawai negeri sipil (PNS) yang akan mengisi jabatan kelak.

Namun berapa anggaran yang diperlukan BNNK ketika resmi terbentuk di Kabupaten Tuban?

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengatakan, operasional BNNK ini terbilang cukup tinggi dalam setahun. Selain biaya operasional, Pemkab juga nantinya akan menyiapkan sarana dan prasarana.

"Dalam setahun anggaran operasional BNNK bisa mencapai Rp350 juta, itu hanya untuk operasional saja," tutur Noor Nahar kepada wartawan, Senin (6/11/2017).

Tak hanya biaya operasional saja, Pemkab juga akan memfasilitasi kantor yang akan digunakan secara resmi. Selain itu juga ada kendaraan operasional atau kendaraan dinas berupa mobil dan sepeda motor.

"Untuk mobil dinas ada 4 unit nantinya, sedangkan kendaraan sepeda motor ada 10 unit, itu juga fasilitas kendaraan operasional," beber politisi PKB itu.

Ditanya mengenai kapan pastinya BNNK terbentuk, Wakil Bupati Tuban dua periode itu belum bisa menjawab secara pasti. Hanya saja dia berharap agar BNNK terbentuk sebelum pengesahan APBD 2018.

"Harapan saya BNNK bisa terbentuk sebelum APBD 2018 disahkan, karena anggarannya kan harus dirumuskan. Bisa repot nanti kalau dibentuknya setelah APBD disahkan," pungkasnya. [nok/rom]