Ujian Perangkat Dipusatkan di Tingkat Kecamatan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Proses pengisian kekosongan jabatan perangkat desa di Kabupaten Tuban memasuki tahap awal. Pada tahapan ini, semua masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk mendaftar dengan didukung administrasi yang sudah ditentukan oleh panitia di masing-masing desa.

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, tim pengangkatan perangkat desa menyerahkan nama bakal calon perangkat desa ke Kepala Desa (Kades). Setelah itu, Kades melaporkan bakal calon yang berhak mengikuti ujian tulis kepada Camat.

"Jika telah diperiksa, data rekapitulasinya dilaporkan camat kepada Bupati dengan tembusan Kadin PMDKB Kabupaten Tuban," jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana.

Kemudian, lanjut dia, ujian tulis dilaksanakan oleh tim pengangkatan yang dikoordinir dan diarahkan oleh tim pengawas secara serentak di halaman kantor kecamatan setempat. Ataupun ujian akan dilakukan di tempat lain yang disepakati bersama dan diikuti oleh seluruh peserta dari desa-desa di wilayah kecamatan.

"Terkait tempat ujian, nanti dipusatkan di satu tempat di masing-masing kecamatan baik di kantor maupun tempat lain yang disepakati bersama," imbuh Sekda. [rof/ito]