Reporter: Moch. Sudarsono
 
blokTuban.com – Menjelang bulan suci Ramadan yang tinggal menghitung hari, sudah terjadi kenaikan harga beberapa bahan kebutuhan pokok di pasaran. Seperti yang terjadi di Pasar Baru Tuban, Jumat, 5 Mei 2017.

Dinas Perdagangan setempat melakukan investigasi mendadak (Sidak) terhadap sejumlah kebutuhan pokok, seperti beras, cabai, minyak, bawang, telur dan sejumlah bumbu kebutuhan dapur lainnya.

Dari hasil Sidak yang dilakukan, ditemukan beberapa kenaikan harga kebutuhan pokok, Seperti telur ayam dan bawang putih. Untuk telur ayam megalami kenaikan Rp500, dari Rp27.000 menjadi Rp27.500. Sedangkan bawang putih naik Rp10.000, dari Rp35.000 menjadi Rp45.000.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Bismo S Adji mengatakan, bahwa Sidak ini adalah untuk mengetahui kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadan.

“Beberapa bahan kebutuhan pokok sudah ada yang naik, yaitu telur ayam dan bawang putih,” ujarnya kepada blokTuban.com.

Bismo menambahkan, bahwa sidak ini akan terus dilanjutkan untuk memantau harga di Pasaran hingga pada menjelang Hari Raya Idul Fitri tiba. Karena seperti diketahui, biasanya menjelang bulan Puasa, maka akan terjadi kenaikan harga secara menyeluruh.

“Kita akan terus lakukan Sidak harga kebutuhan pokok hingga Lebaran tiba, semoga harganya bisa terkontrol dengan normal,” pungkasnya.[nok/col]