Ajak Pelajar Teladani Sikap Pahlawan

Reporter: Edy Purnomo, Dwi Rahayu

blokTuban.com - Hari Pahlawan yang jatuh pada Kamis (10/11/2016), bisa menjadi salah satu momentum bagi sebagian kalangan buat lebih dekat dengan orang-orang yang berjuang di masa perebutan kemerdekaan.

Termasuk yang dilakukan Polsek Rengel, Kabupaten Tuban, yang mengajak siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rengel meneladani semangat kepahlawanan dari Karsidi (93), warga Dusun Beron, Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel.

"Beliau (Karsidi) adalah salah satu pejuang yang sekarang hidup di wilayah Rengel. Kita ingin mengajak siswa untuk ikut meneladani perjuangannya," jelas Kapolsek Rengel, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Musa Bachtiar, Rabu (9/11/2016).

Semasa perjuangan, Mbah Karsidi, merupakan salah satu orang yang ikut bertempur melawan NICA ketika menyerang kota Surabaya diwaktu silam. Karsidi bercerita, dia luput dari serangan bom pasukan udara NICA yang meluluhlantakkan Surabaya. Atas izin Allah, dia berhasil selamat dengan berlindung di bawah batu besar.

Cerita dari Mbah Karsidi cukup menarik perhatian siswa, guru, dan anggota kepolisian dari Rengel. Bahkan, beberapa siswa ada yang mengenakan baju layaknya pejuang buat mengenang jasa para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan Indonesia. [pur/dwi/rom]