Banyak yang Harus Diketahui Tentang Migas

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sekitar 30 wartawan dari Tuban dan Bojonegoro mengunjungi Lapangan Pad-A Muddy Office Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) di Kecamatan Soko Kabupaten Tuban, Rabu (9/11/2016) siang ini.

Kunjungan dalam rangka 'Media Visit and Gathering' yang diselenggarakan oleh JOB-PPEJ. Field Manager Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java, Sugeng Setiyono mengatakan, kegiatan seperti ini adalah bagian dari pembelajaran kepada awak media terkait kegiatan Minyak dan Gas (Migas) yang sedang dilakukan oleh JOB PPEJ.

Sebab, selama ini mungkin rekan-rekan media hanya melihat dari luarnya saja. Padahal, masih banyak yang harus diketahui oleh media.

"Migas merupakan usaha dari pemerintah, peran media sangat dibutuhkan dalam hal mengedukasi pemberitaan," ujarnya saat memaparkan materi.

Sugeng menerangkan, mengenai pembiayaan migas sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah. Sedangkan, Petrochina sendiri dalam hal ini hanya berperan sebagai mitra yang mengerjakan semua kegiatan migas.

"Untuk saham sendiri Pertamina sangat mendominasi, di JOB PPEJ saham Pertamina mencapai 75-80 persen, sisanya milik Petrochina," jelasnya.

Diketahui, saat ini produksi Migas di JOB PPEJ mengalami penurunan, dan dikabarkan 2018 kontrak Petrochina akan berakhir. [nok/rom]