CCR PT TPPI Terbakar, Api Langsung Tertangani

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Central Control Room (CCR) di PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, dikabarkan terbakar pagi ini sekitar pukul 07.40 WIB, Senin (7/11/2016).

Kapolsek Jenu, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Yani Susilo, menjelaskan asal kejadian bermula ketika ada perubahan cuaca akibat hujan deras malam tadi. Akibatnya, pemicu salah satu peralatan plang (ELBO) atau bagian pipa yang melengkung keluar percikan api.

"Sehingga percikan api merembet ke peralatan lain," jelas Yani.

Beruntung, api yang sempat menyala di lantai 16 itu bisa dipadamkan tim Emergency Respon Team (ERP yang ada di lokasi.

"CCR itu merupakan salah satu jantung produksi PT TPPI," kata Yani.

Dikonfirmasi, Humas PT TPPI, Tinoto, membenarkan kejadian ini. Meski begitu, kebakaran tidak besar dan langsung bisa diatasi petugas di lokasi. "Iya tadi sekitar jam 07.40 CCR sedikit terbakar, namun langsung bisa diatasi dan sudah normal kembali," jelas

Dia katakan, insiden kecil itu terjadi karena ada penurunan suhu di flange, atau sejenis penyambung pipa penyambung antar elemen, akibat hujan tadi malam. Akibatnya backup steam ikut terlambat akibat shutdown. Kemudian terjadilah kebakaran itu.
 
Meski terbakar, Tinoto menjelaskan skalanya kecil dan langsung bisa dipadamkan. Proses operasi di kilang minyak itupun sekarang kembali normal.

"Tapi semua bisa diatasi karena kebakarannya skala kecil," lanjut Tinoto. [pur/ito]