Kecelakaan Karambol, Pengendara Tossa Tewas

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kecelakaan beruntun terjadi di pertigaan pasar layur Desa Banjarjo Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban, Minggu (6/11/2016) pukul 10.00 WIB.

Kecelakaan tersebut melibatkan 5 kendaraan, yaitu dump truk tronton, 2 bus mini, truk gandeng dan kendaraan roda tiga tossa. Pengendara tossa M. Suudi (46) swasta, warga Desa Banjarjo RT.08/RW.02 Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban, meninggal dunia dalam kecelakaan karambol tersebut.

Berdasarkan kronologi, dump truk tronton nopol N 8943 UN yang dikemudikan oleh Sukriadi (62), warga Desa Kalisalam RT.01/RW.04 Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo, berjalan dari arah timur ke barat, lalu menabrak bus mini nopol K 1681 AD yang sedang parkir di lajur sebelah kiri arah timur ke barat dengan pengemudi Puji Utomo (40) warga Dusun Klontong Desa Gendoh RT.02/RW.01 Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi.

Kemudian bus mini nopol K 1681 AD terdorong ke depan menabrak bus mini nopol K 1431 FA yang sedang parkir searah di depannya dengan pengemudi Triyono (32) warga Desa Sumurpule RT.05/RW.03 Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang.

Pada saat bersamaan di samping kanan kendaraan bus mini nopol K 1681 AD sedang berjalan searah kendaraan roda 3 tossa nopol K 3180 KM yang dikendarai M. Suudi  berjalan di antara bus mini dan truk gandeng nopol P 8023 UX yang dikemudikan Suratno (53).

Sehingga menyebabkan kendaraan roda tiga tossa tersebut tercepit di antara bus mini bernopol K 3180 KM dan truk gandeng P 8023 UX. Pengendara tossa mengalami luka berat sehingga harus dilarikan ke RSUD, namun nahas nyawa M. Suudi tidak tertolong saat perjalanan ke Rumah Sakit.

Kanit Laka Satlantas Polres Tuban, Iptu Nungki Sembodo mengatakan, bahwa kecelakaan terjadi karena iring-iringan yang tidak memiliki jarak yang bebas. Sehingga saat jarak semakin menyempit kecelakaan tidak dapat dihindari.

"Pengendara tossa meninggal saat perjalanan ke Rumah Sakit, untuk semua saksi ataupun sopir bus mini dan truk kita periksa lebih lanjut untuk pengembangan penyelidikan," pungkasnya.

Dalam kecelakaan lalu lintas tersebut, diperkirakan kerugian materi mencapai 10 juta.[nok/rom]