Pengguna Fasilitas Pembuatan AK1 Online Masih Minim

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pelayanan pembuatan Kartu Pencari Kerja (AK1) via online melalui aplikasi What's App dan Line oleh Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) masih minim.

Informasi yang didapat blokTuban.com menyebut, program pembuatan AK1 dengan memanfaatkan Informasi Teknologi (IT) dicanangkan pada Agustus 2016 lalu, dan resmi diterapkan pada September. Hingga saat ini terhitung pelayanan telah berlaku kurang lebih dua bulan.

"Ada sepuluh yang baru memanfaatkan pembuatan AK1 secara online," kata Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Harsono Tri Asworo.

Seperti diketahui, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban menyebutkan, angkatan kerja di tahun 2015 tercatat 603.039 dengan tingkat prosentase partisipasi angkatan kerja sekitar 67,18 persen.

Harsono menambahkan, inovasi dalam pelayanan pembuatan AK1 secara online yang ia lakukan merupakan langkah dalam usaha mempersingkat pelayanan.

"Dari pengguna layanan AK1 online banyak yang melalui What's App, sementara melalui Line masih jarang," terangnya. [dwi/rom]