Penempatan Kerja Dominasi Lulusan SMA Sederajat

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Penempatan tenaga kerja di Kabupaten Tuban pada 2016, tepatnya awal Oktober masih didominasi oleh lulusan SMA sederajat.

Data yang dihimpun blokTuban.com, pada Oktober tercatat ada 4.798 pancari kerja yang terdaftar di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans). Sementara itu tenaga kerja yang telah menerima pekerjaan atau terdaftar dalam penempatan tanaga kerja mencapai 4.157 orang.

Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Harsono Tri Asworo mengatakan, soal penempatan tenaga kerja kerap menjadi kendala tersendiri. Sebagian besar perusahaan tidak selalu melibatkan Dinsosnakertrans dalam perekrutan tenaga kerja.

"Biasanya ketika mereka sudah dapat kerja akan menghubungi kami, baru didaftar dalam daftar penempatan tenaga kerja," kata Harsono.

Lebih lanjut, Harsono mengatakan, urusan penempatan kerja masih sepenuhnya menjadi tugas utama pencari kerja. Keterlibatan dinas terkait sejauh ini hanya dalam pelayanan pembuatan kartu kerja atau AK1. [dwi/rom]