Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kondisi alam yang mendukung, dengan melimpahnya rumput dan banyaknya ladang serta hutan yang luas membuat warga Desa Maindu, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban mengembangkan peternakan pribadi.

Meskipun peternakan pribadi tersebut hanya terdiri dari dua sampai lima ekor sapi, namun sebagian besar setiap Kepala Keluarga (KK) mempunyai peternakan sapi. Sehingga, diperkirakan populasi sapi di desa tersebut mancapai 1000 ekor lebih.

Menurut Kepala Desa Maindu, Tulip Adi Tahar Desa Maindu mempunyai potensi besar untuk pengembangan peternakan Sapi maupun Kambing. Hal itu didukung dengan alam yang berada di Desa Maindu meskipun musim kering para peternak yang kebanyakan adalah petani tidak kesusahan mencari rumput.

"Dari jumlah 1.035 KK, ada sekitar 600 KK yang memiliki peternakan sapi pribadi," ungkapnya kepada blokTuban.com, Kamis (8/9/2016).

Lanjut Kades Maindu, peternakan itu dilakukan oleh para petani salah satunya sebagai simpanan sekaligus penghasilan tambahan, di samping itu para petani juga memiliki pakan sendiri dari limbah hasil panen sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk merawat ternak.

"Untuk jenis sapi sendiri, warga Desa Maindu ada. Yang memiliki peternakan sapi perah, sapi brahma dan sapi lokal," pungkas Tulip sapaan akrabnya.[hud/col]