Wisata Religi Makam Purboyo Perlu Dikembangkan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pengembangan wisata di tingkat lokal perlu digeliatkan kembali. Salah satunya wisata berbasis religi makam Pangeran Purboyo yang berada di Desa/ Kecamatan Rengel.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Rengel, Heru Hermawan mengharapkan perhatian pemerintah Kabupaten Tuban dalam pengembangan wisata religi Makam Purboyo. Lantaran selama ini wisata Rengel yang dikenal masyarakat hanya sebatas Goa Ngerong.

Berada di bantaran aliran sungai Ngerong, tepatnya di Dusun Purboyo Mayang Sekar ini belum terjamah pembangunan. Kendati demikian, peziarah kerap kali berdatangan. Pangeran Purboyo diketahui saudara sekandung dari Pangeran Kusumoyudho atau akrab disebut Kyai Abdul Jabar yang dimakamkan di Singgahan.

"Wisata Rengel tidak hanya Ngerong. Kalau orang paham, tidak hanya makam Pangeran Purboyo sebenarnya mengandung sejarah sejarah," kata Wawan sapaan akrabnya.

Sejauh ini, lanjut Wawan, tempat tersebut belum terpublikasi ke media secara luas. Kebanyakan mereka yang datang uintuk ziarah, guru mereka tahu persis petilasan dan silsilah Pangeran Purboyo.

"Pengunjung tak jarang dari pejabat di tingkat nasional. Jasa Pangeran Purboyo dulu patut diteladani," kata juru makam setempat, Suli Al Bustom.[dwi/ito]