Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Spesial Hari Natal

Umat Kristiani Sambut Natal dengan Suka Cita

Natal yang jatuh pada hari Jumat 25 desember 2015 ini disambut dengan penuh suka cita bagi para umat Kristiani. Seperti yang terjadi di Gereja Santo Petrus Jalan Panglima Sudirman. Ratusan jemaat mememenuhi ruangan peribadatan untuk melakukan kebaktian dalam peringatan Hari Lahir Isa atau yang dikenal dengan peringatan Natal.

Dawetan Tradisi Leluhur Warga Bejagung

Dawetan merupakan suatu tradisi yang melekat pada masyarakat Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk rasa sukur atas apa yang diberikan Allah SWT.

Hari Jadi Tuban (HJT) ke 722

Lagu kolam Susu Hibur warga Tuban

Acara yang masih dalam rangkaian Hari Jadi Tuban (HJT) ke 722, Ngaji Kebangsaan bersamaa Emha Ainun Najib atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cak Nun, Kiai Kanjeng dan Koes Plus, benar-benar menghibur warga Tuban.

Rodat, Kesenian untuk Semua Kalangan

Kesenian tradisional yang bernuansa islami atau yang biasa dikenal di Desa Sumurgung, Kecamatan Montong, dengan kesenian rodat mulai digemari oleh masyarakat. Kesenian tradisional yang telah ada sejak tahun 1985 itu, dulu telah redup.

Hari Jadi Tuban (HJT) ke 722

Penonton Ki Anom Padati Alun-alun Tuban

Serangkaian acara yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dalam rangka Hari Jadi Tuban (HJT) ke 722 masih terus berlangsung. Kali ini kesenian wayang kulit di hadirkan dan dilaksanakan di Alun-alun Kota Tuban, Jumat(27/11/15) malam.

Sedekah Laut Karangsari

Nelayan Mandi dan Cuci Perahu Bersama

Usai melarung bekakak atau sesaji di tengah laut, nelayan Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota, Kabupaten Tuban, mengakhiri prosesi ritual sedekah laut dengan mandi. Selain itu, warga juga mencuri perahu di tengah laut.

Sedekah Laut Karangsari

Bekakak di Larung di Tanjung Awar-awar

Usai memasang kepala sapi di sebatang pohon kelapa yang ditancapkan di pantai, nelayan melanjutkan ritual sedekah laut dengan melarung bekakak, atau sesaji yang ditaruh didalam perahu kecil ke tengah laut.