Skip to main content

Category : Ekonomi & Migas


Seni Batik Diharapkan Tingkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat

idak dapat dipungkiri, batik kian erat dengan sektor wisata dan merambah pada industri kreatif. Terkait hal ini, Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar), Farid Achmadi mengatakan batik memerlukan sentuhan seni agar bernilai tambah.

Produksi Batik Asal Kerek, Potensi Munculkan Desa Wisata

 Destinasi wisata alternatif, seperti wisata pedesaan masuk dalam rancangan pengembangan wisata di Kabupaten Tuban. Seperti halnya, produksi batik asal Kecamatan Kerek berpotensi memunculkan desa wisata. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar), Farid Achmadi.

Pertanian Penunjang Ekonomi Warga Senori

Kecamatan Senori memiliki luas 7.839,69 hektare (Ha). Terdiri dari 3.894,53 Ha lahan sawah atau 50% dari luas lahan seluruhnya, 828,21 Ha atau 10%. Untuk lahan ladang 789,4 Ha atau 8% lahan Pekarangan 2.387,51 Ha, 30% lahan hutan, dan 134,05 Ha atau 2 persen lahan lainnya.

Sangkar Burung Pandanwangi Jadi Icon Produk Unggulan Soko

 Produksi sangkar burung asal Desa Pandanwangi, Kecamatan Soko diklaim sebagai icon produk unggulan. Banyaknya warga yang terlibat dalam usaha kerajinan tersebut, menjadikan desa setempat menjadi sentra sentra produksi sangkar burung di Kecamatan Soko.

Masayarakat Lebih Suka Belanja di Pasar Templek

Menanggapi keluhan beberapa pedagang di Pasar Tradisional Desa Brangkal, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban yang pembelinya semakin sepi, Kepala Desa (Kades) Brangkal, Zainal Muttaqin saat dikonfirmasi blokTuban.com melalui ponselnya mengatakan sepinya pasar desa brangkal tersebut dipengaruhi diri pribadi masyarakat masing-masing, yang lebih suka berbelanja di pasar templek desa setempat.

Pedagang Pasar Desa Brangkal Keluhkan Sepinya Pengunjung

Pedagang di Pasar Desa Brangkal, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, mengeluhkan pengunjung yang semakin sepi. Hal tersebut dikarenakan masyarakat lebih berminat berbelanja di Pasar Templek (Pasar Dadakan) dari pada berbelanja di pasar desa yang hanya beroprasi pada Pahing dan Wage (Penanggalan Jawa) itu.

Lima Hotel Kelas Bintang Direncanakan Akan Berdiri di Tuban

Lima hotel baru dengan klasifikasi kelas bintang dikabarkan akan berdiri di Kabupaten Tuban, kelima hotel tersebut akan memperluas usahanya di kabupaten yang berjuluk Bumi Wali ini. Saat dikonfirmasi mengenai keberadaan lima hotel baru tersebut, Kepala Badan Pelayanan Dan Perizinan Terpadu (BPPT) Tadjuddin Tebyo membenarkan jika memang ada lima hotel baru yang kemungkinan besar akan melakukan investasi di Tuban.

Taka Hanya Petani, Pengepul Tembakau Juga Resah

Musim kemarau basah yang ditandai dengan turunnya hujan mengakibatkan para petani dan pengepul tembakau resah. Keadaan demikian terjadi di wilayah Tapen Kecamatan Senori, Tuban, Jawa Timur.

Lebaran Berlalu, Harga Daging Masih Melangit

Harga aneka jenis daging di pasar tradisional di Kabupaten Tuban terhitung masih tinggi. Padahal bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri sudah hampir satu bulan berlalu. Pedagang menyebut, biasanya harga daging langsung normal satu minggu usai Lebaran.