200 Data Ganda Harus Selesai Sebelum DPT Tuban Ditetapkan

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - KPU Kabupaten Tuban mengadakan rapat koordinasi untuk menyelesaikan data ganda dan invalid dalam penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Tuban 2024, yang berlangsung di aula KPU setempat pada Kamis (05/09). 

Rapat ini dihadiri oleh puluhan ketua, anggota divisi data, dan divisi teknis PPK dari seluruh Kabupaten Tuban.

Koordinator Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Tuban, Ulil Abror Al Mahfud, menjelaskan setelah rakor bahwa tujuan rapat adalah untuk membersihkan data ganda dan invalid menjelang penetapan DPT Pilkada 2024. 

Menurutnya, masalah data ganda dan invalid tidak dapat diselesaikan sendiri karena melibatkan data dari kabupaten/kota lain hingga provinsi lain.

Ulil juga menyebutkan bahwa status Tidak Memenuhi Syarat (TMS) di KPU Tuban bisa menjadi pemilih baru di wilayah lain, dan sebaliknya. 

Data pemilih selalu dinamis karena adanya pergerakan seperti kelahiran, kematian, dan perpindahan masuk/keluar, sehingga diperlukan pengecekan data hingga ke tingkat bawah serta koordinasi dengan kabupaten/kota lain.

Saat ini, menjelang penetapan DPT, KPU Tuban masih menemukan sekitar 200 data ganda yang perlu diselesaikan di tingkat kecamatan. Rapat kali ini difokuskan untuk membersihkan data tersebut. 

Ulil menegaskan bahwa PPK divisi data diminta untuk tidak pulang sebelum data sinkron dan diharapkan selesai malam ini.

Langkah ini diambil berdasarkan saran dan perbaikan dari Bawaslu Tuban yang telah ditindaklanjuti oleh KPU bersama Disdukcapil Tuban. 

Penetapan pleno DPT di KPU Tuban direncanakan berlangsung pada 14-15 September mendatang. [Ali/Rof]