Pasangan Riyadi-Wafi Daftar ke KPU Tuban, Tantang Lindra-Joko di Pilkada 2024

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Gandeng Gus Wafi, Riyadi secara resmi menantang Lindra-Joko di Pilkada Tuban 2024. Hadirnya Paslon Riyadi-Wafi memupuskan kabar bahwa Pilkada Tuban adanya kotak kosong atau bumbung kosong

Riyadi-Wafi mendaftar ke Kantor KPU Tuban di Jl. Pramuka pada Kamis (29/8/2024) pukul 19.00 Wib. Bersama ratusan simpatisan dan partai politik pengusung, pasangan ini jalan kaki dari Perumahan Karangan Indah. 

Sepanjang jalan, para simpatisan Riyadi-Wafi mengacungkan obor dan menabuh tongklek/kentongan. Di hadapan media, Riyadi mengatakan timnya telah memastikan bahwa berkas pendaftaran sudah lengkap. 

"Syukur saat pemeriksaan berkas tidak ada masalah," katanya. 

Salah satu alasannya memilih Gus Wafi sebagai wakilnya karena memiliki kriteria jujur dan amanah. Motto yang diusung pasangan ini adalah Tuban Baru. 

"Motto ini sebagai komitmen kami menampung semua aspirasi dan harapan masyarakat Tuban yang belum terwadahi," katanya. 

Dengan pengalaman di pemerintahan sejak 2020, Riyadi paham bahwa masih banyak aspirasi dan pesan yang harus dijawab. 

Berdasarkan data KPU Tuban, Riyadi-Wafi diusung oleh sejumlah partai politik yakni NasDem, Hanura, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang dan Partai Gelora. 

Adapun perolehan suara dah partai politik pengusul sejumlah 74.797 (10, 16%). Prosentase tersebut tentu melebihi dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu lalu, bahwa calon kepala daerah dapat maju dengan suara sah parpol minimal 7,5% (Baik partai Parlemen/non Parlemen). 

Di lain sisi, Ketua KPU Tuban, Zakiyatul Munawaroh menyatakan bahwa berkas pendaftaran paslon Riyadi-Wafi lengkap. 

"Hingga hari terakhir pendaftaran ada dua paslon yang mendaftar, yakni Paslon Lindra-Joko yang mendaftar pukul 13.00 Wih dan pada pukul 19.00 Wib Riyadi-Wafi juga mendaftar," jelasnya. 

Setelah KPU menerima berkas pendaftaran, tahapan selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan pada 31 Agustus - 1 September 2024 di RS Dr Soetomo Surabaya. Setelah itu tahap penelitian dan verifikasi. 

Sebatas diketahui, jumlah partai pengusung Lindra-Joko lebih banyak yakni memiliki 46 kursi di DPRD Tuban. Partai pengusung Lindra-Joko adalah PKS, PAN, PKB, Golkar, Gerindra, PPP, PDI P dan Demokrat. 

Jumlah peroleh suara sah partai tersebut sejumlah 652.693 suara (88, 66%). [Ali/Rof]