Ini Peta Koalisi Partai Pendukung Lindra-Joko dan Riyadi-Wafi di Pilkada Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Bupati Incumbent Aditya Halindra Faizky resmi mengumumkan pencalonannya kembali sebagai Bupati Tuban dengan menggandeng Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuban, Joko Sarwono, sebagai calon wakil bupati

Pasangan calon (Bapaslon) Lindra-Joko telah memperoleh dukungan kuat dari 7 partai politik yang memiliki perwakilan di parlemen, dengan total 46 kursi.

Partai Golkar, tempat Lindra bernaung, menjadi penyokong utama dengan 20 kursi. Sementara itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyumbang 11 kursi, disusul oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan 5 kursi. 

Partai Gerindra memberikan dukungan 4 kursi, Partai Demokrat 3 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 2 kursi, dan Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 1 kursi.

Bapaslon Lindra-Joko diketahui telah mendaftarkan diri melalui aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 23 Agustus 2024 lalu. 

Dengan dukungan mayoritas dari parlemen, pasangan ini diharapkan mampu melanjutkan kepemimpinan dan pembangunan di Kabupaten Tuban.

Di sisi lain, Wakil Bupati Incumbent Riyadi juga telah mengumumkan pencalonannya sebagai Bupati Tuban. 

Riyadi, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Partai Nasdem Tuban, akan maju bersama Wafi Abdul Rosyid, putra dari KH Ahmad Muhamad Ainul Yaqin, pengasuh Pondok Pesantren Al Ishlahiyah Al Ghozaliyah Tuban. 

Bapaslon Riyadi-Wafi diusung oleh Partai Nasdem dengan 4 kursi parlemen serta didukung oleh 4 partai non-parlemen, yakni Partai Hanura, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Buruh, dan Partai Gelora.

Dengan semakin menghangatnya suasana politik di Tuban, masyarakat setempat menantikan perkembangan lebih lanjut dari kedua bapaslon yang siap bertarung dalam kontestasi Pilkada mendatang. [Ali/Rof]