Tirta Zahira, Sang Juara Bulu Tangkis yang Membanggakan Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Tirta Zahira, seorang pelajar berbakat dari MTS Miftahul Huda di Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Tuban, menorehkan prestasi luar biasa di bidang bulu tangkis

Putri dari Bumi Ronggolawe ini meraih juara II dalam ajang O2SN SMP tingkat Provinsi Jawa Timur. 

Pada Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diadakan di GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban pada Sabtu (17/08), Tirta Zahira menjadi salah satu penerima medali yang diserahkan langsung oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE.

Anak dari pasangan Misbakhul Ardhianto dan Insiwi Rindang ini sudah gemar berolahraga sejak kecil. 

Selain bulu tangkis, Tirta juga menyukai renang dan voli, serta memiliki hobi mengoleksi kartun anime Jepang dan mengikuti dance K-Pop.

Tirta menyampaikan kebanggaannya menerima medali dari Mas Lindra, sapaan akrab Bupati Tuban. 

"Saya sangat bangga diundang dan bertemu langsung dengan Mas Bupati. Ini menjadi motivasi saya untuk terus berprestasi dan membanggakan orang tua serta masyarakat Tuban," ujar gadis asal Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding ini.

Ibunda Tirta, Insiwi Rindang, mengungkapkan bahwa selain prestasinya di O2SN tingkat provinsi, Tirta juga telah meraih berbagai gelar lainnya, termasuk juara I Ganda Putri Porkab Tuban 2024, juara II single putri Porkab Tuban 2024, serta juara I O2SN Tuban dua tahun berturut-turut pada 2023 dan 2024.

“Keberhasilan ini tak lepas dari kerja keras dan disiplin yang telah dijalankan selama ini. Latihan rutin dilakukan dari pukul 07.00 hingga 11.00, dan dilanjutkan dari pukul 15.00 sampai 18.00,” jelas Insiwi.

Ia berharap Tirta Zahira terus berprestasi dengan disiplin dalam beribadah, latihan, belajar, bermain, dan istirahat. 

“Semoga Tirta Zahira bisa menjadi atlet yang berprestasi dan tetap rendah hati,” harapnya.