Kostum Tema Burung dan Batik Jadi Daya Tarik di Persewaan Karnival di Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia menjadi berkah tersendiri bagi Agus Heri Susilo, warga Desa Jenggolo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. 

Rumahnya yang berfungsi sebagai tempat pembuatan dan penyewaan kostum karnival selalu ramai didatangi pelanggan sejak dua pekan terakhir.

Kostum karnival yang diciptakan Agus, seorang satpam pabrik, cukup banyak diminati warga. 

Kostum bertema burung, kerajaan, dan batik tidak hanya menarik secara visual tetapi juga berkualitas tinggi, menjadi daya tarik utama bagi para pelanggan.

Agus, dibantu beberapa pekerjanya, terus menyelesaikan pesanan kostum baru. Dalam satu minggu, pria berusia 51 tahun ini bisa menyelesaikan satu kostum. 

Saat ini, sebagian besar kostum karnival di galerinya sudah disewa pelanggan.

Usaha pembuatan baju karnival Agus dimulai pada tahun 2018. 

Awalnya, ia membuat kostum karnival untuk anaknya yang mengikuti lomba fashion show, dan hasil kreasinya membawa sang anak menjadi juara. 

"Hal itu membuat banyak orang tertarik datang langsung ke rumah untuk membuatkan kostum karnival. Hingga akhirnya kreasi banyak yang juara di berbagai event karnival tingkat Kabupaten dan karesidenan," jelas Agus.

Pelanggan Agus tidak hanya berasal dari Tuban, tetapi juga dari Blora, Jawa Tengah, hingga Kediri. 

Satu kostum karnival disewakan dengan harga yang terjangkau, antara 350 ribu hingga 800 ribu rupiah, tergantung tema dan motif kostum.

"Semua kostum ini saya buat dengan teman-teman di sini saat senggang. Soalnya tiap hari saya kerja di pabrik. Ini pesanan sudah ada 61 kostum," imbuh Agus.

Para pelanggan mengaku senang menyewa kostum karnival di tempat Agus karena harganya yang terjangkau, kualitasnya yang bagus, serta banyaknya pilihan. 

Kostum-kostum ini akan dipakai untuk mengikuti berbagai event semarak HUT RI ke-79. 

"Sudah langganan di sini mas. Soalnya kostumnya bagus dan harganya terjangkau," ungkap Suwanto, salah satu pelanggan.

Selain menyewakan kostum karnival, Agus Heri juga melayani penyewaan sepeda hias hingga mobil hias. 

Persewaan kostum karnival ini juga ramai saat peringatan hari jadi Kabupaten, fashion show, hingga perayaan tahun baru Islam. [Ali/Rof]