Hasil Konferwil: KH Anwar Manshur Resmi Jadi Rais PWNU Jatim

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - KH Anwar Manshur resmi terpilih sebagai Rais Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur untuk masa khidmat 2024-2029. Keputusan ini diambil berdasarkan hasil sidang pleno Konferensi Wilayah (Konferwil) NU Jatim yang digelar di Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) Tebuireng, Jombang, pada Sabtu (03/08/2024).

"Anggota Ahwa sepakat untuk memilih KH Anwar Manshur sebagai Rais Syuriah PWNU Jatim masa khidmat 2024-2029," ujar H Amin Said Husni selaku pimpinan sidang saat membacakan berita acara musyawarah anggota Ahwa.

Amin Said Husni, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PBNU, menegaskan bahwa berita acara ini telah dibacakan berdasarkan musyawarah mufakat anggota Ahwa.

Setelah itu, ia menanyakan kepada peserta sidang apakah hasil musyawarah tersebut dapat disahkan atau tidak. "Setuju," kata peserta sidang secara serempak.

Tujuh anggota Ahwa yang terlibat dalam pemilihan ini adalah KH Anwar Manshur, KH Ubaidillah Faqih, KH Miftachul Akhyar, KH Anwar Iskandar, KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah, KH Fuad Nur Hasan, dan KH Mudatsir Badaruddin.

Sidang pleno berikutnya, sesuai jadwal dari panitia, adalah pemilihan Ketua PWNU Jatim, yang akan dilanjutkan dengan penetapan Ketua PWNU Jatim masa khidmat 2024-2029.

Diketahui bahwa anggota Ahwa yang terpilih merupakan usulan dari 45 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jatim yang menjadi peserta Konferwil. Setiap PCNU mengusulkan tujuh nama tokoh atau ulama yang pernah atau sedang berkhidmat di Nahdlatul Ulama.

Konferwil XVIII NU Jatim kali ini mengusung tema ‘Merajut Ukhuwah dan Mengokohkan Jamiyah dalam Pendampingan Umat’. [Ali/Rof]