Jamin Tidak Ada Pungutan Liar di Samsat Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kapolres Tuban AKBP Oskar Syamsuddin melakukan peninjauan langsung di kantor Samsat pada hari Jumat (02/08/2024). Kegiatan ini didampingi oleh Wakapolres Kompol Herry Moeriyanto Tampake, Kasat Lantas AKP Ayip Rizal, serta Kauregident Iptu Fauziatul Adfina.

Peninjauan ini mencakup setiap ruangan yang digunakan untuk pelayanan, dengan tujuan memastikan anggota Polres Tuban yang bertugas memberikan pelayanan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

AKBP Oskar Syamsuddin menegaskan pentingnya transparansi dalam pelayanan kepada masyarakat, terutama terkait administrasi yang harus mengikuti aturan yang berlaku.

"Kita pastikan tidak ada anggota yang melakukan pungutan di luar ketentuan," ucap Oskar.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendapatkan masukan dari masyarakat sebagai bahan evaluasi terhadap pelayanan yang dilakukan oleh jajaran Polres Tuban di lapangan.

"Harapannya kami juga dapat masukan dari masyarakat terkait pelayanan yang kami berikan, apakah sudah sesuai dengan harapan masyarakat atau belum," terangnya.

Selama berada di kantor Samsat, Kapolres Tuban juga menunjukkan kepedulian sosial dengan memborong jualan pedagang asongan dan memberikannya kepada masyarakat yang sedang menunggu antrian. 

Peninjauan pelayanan juga dilakukan di kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas), di mana Kapolres sempat berbincang dengan salah satu pengunjung mengenai mekanisme pelayanan yang ada di tempat tersebut.

Langkah ini menunjukkan keseriusan Polres Tuban dalam memberikan pelayanan terbaik dan memastikan tidak ada praktek yang melanggar aturan, serta mendengarkan langsung aspirasi masyarakat demi pelayanan yang lebih baik ke depannya.