Mahasiswa KKN IAINU Tuban Gelar Pelatihan Parenting Education

Reporter: Dahrul Mustaqim
blokTuban.com - Mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kampus Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban Tahun 2024 mengadakan pelatihan bertema parenting education pada hari Kamis, (01/08/2024). Pelatihan ini diinisiasi oleh kelompok 3 peserta KKN IAINU Tuban.

Kegiatan ini diselenggarakan di Lembaga Pendidikan Raudhatul Athfal (RA) Salafiyah Nurul Jadid di Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, dengan dihadiri oleh seluruh paguyuban wali murid kelompok RA B dan para guru pendidik.

Pada kesempatan tersebut, Turwati, Kepala RA Salafiyah Nurul Jadid, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa KKN atas penyelenggaraan kegiatan parenting education. Menurut Turwati, kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi para wali murid yang hadir.

Baca juga: Mahasiswa KKN IAINU Tuban Beri Asistensi Pembelajaran di Desa Mliwang

“Saya berterima kasih kepada mahasiswa kelompok 3 KKN IAINU Tuban yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, dengan kegiatan ini dapat menambah ilmu dan pengalaman baru kepada ibu-ibu wali murid yang ada di lembaga ini,” ujarnya.

Sementara itu, Widia Riska Fitriani, Divisi Pendidikan Program KKN, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menjadi wadah interaksi sosial dengan masyarakat, terutama bagi paguyuban wali murid kelompok RA Salafiyah Nurul Jadid. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan informasi kepada orang tua mengenai pendidikan parenting dengan penerapan disiplin positif pada anak.

“Kegiatan parenting education ini selain menjadi program kerja KKN IAINU Tuban di bidang pendidikan juga untuk mengembangkan wawasan serta memperoleh pemikirang baru kepada orang tua dalam memahami dan menghadapi dunia anak,” katanya.

Widia berharap setelah mengikuti kegiatan parenting education, para wali murid dapat lebih memahami pentingnya mendidik anak tanpa kekerasan. Menurut Widia, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak, terutama di era seperti sekarang ini.

Baca juga: Dekati Kawasan Industri untuk KKN Mahasiswanya, Ini Alasan IAINU Tuban

“Setidaknya dapat menambah pengetahuan dan memberikan kesadaran kepada orang tua tentang pentingnya pencegahan kekerasan pada anak serta menjadi orang tua yang teladan di era digital,” harap dia.

Pada kesempatan yang sama, Sholihah, sebagai narasumber, memberikan penjelasan tentang pendidikan parenting kepada orang tua. Menurut Sholihah, orang tua perlu belajar banyak hal untuk memahami secara mendalam karakter anak dan dunianya.

“Parenting education ini juga penting bagi orang tua, kita butuh ilmu untuk dapat memahami karakter dan juga dunia anak. Hal in dapat kita lakukan melalui penerapan disiplin positif pada anak serta menghindari kekerasan pada anak, karena Anak Usia Dini merupakan golden age,” jelasnya.