Profil KH Anwar Manshur: Dari Pesantren Lirboyo ke Puncak PWNU Jatim

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com – KH Anwar Manshur resmi terpilih sebagai Rais Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur untuk masa khidmat 2024-2029. 

Penetapan ini hasil musyawarah mufakat anggota Ahwa dalam Konferensi Wilayah Nahdlatul Ulama (Konferwil NU) Jawa Timur yang digelar di Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) Tebuireng, Jombang, pada Sabtu sore.

KH Anwar Manshur, yang lahir pada 1 Maret 1938, adalah putra dari KH Manshur Jombang dan Nyai Salamah, cucu KH Abdul Karim, pendiri Pesantren Lirboyo. 

Dikenal sebagai ulama kharismatik, Kiai Anwar sangat dihormati di kalangan pesantren, warga Nahdlatul Ulama, dan pejabat pemerintahan.

Pendidikan agama KH Anwar dimulai di Pondok Pesantren Tarbiyatunnasyiin, Paculgowang, Diwek, Jombang, yang didirikan oleh ayahnya. 

Ia kemudian melanjutkan studi di Pondok Pesantren Tebuireng hingga tingkat tsanawiyah, sebelum akhirnya menuntut ilmu di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri.

Dalam kehidupannya, Kiai Anwar menikah dengan Nyai Umi Kulsum, putri KH Mahrus Aly, dan dikaruniai delapan anak. 

Setelah kepergian istrinya, beliau menikah kembali dengan Nyai Husnah binti Ahyat.

Sebelumnya, KH Anwar Manshur menjabat sebagai Rais Syuriah PWNU Jawa Timur sejak hasil Konferwil PWNU tahun 2018. 

Sebagai pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, beliau terus berkontribusi besar dalam pengembangan pendidikan Islam dan penguatan Nahdlatul Ulama di wilayah Jawa Timur.

Pemilihan KH Anwar Manshur sebagai Rais PWNU Jatim diharapkan dapat membawa organisasi ini semakin maju dan berkualitas dalam memberikan pelayanan kepada umat. [Ali/Rof]