KPU Tuban Prediksi Angka Partisipasi Pemilik Capai 80 Persen Lebih 

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pasca digelarnya pesta demokrasi di Tuban beberapa waktu lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, memprediksi angka partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 lebih dari 80 persen. 

Hal tersebut, diungkapkan langsung oleh Ketua KPU Tuban, Fatkul Iksan. Menurutnya, dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan oleh KPU Tuban, lebih dari 80 berpartisipasi dalam pemilihan ini.

Meski begitu, hingga kini Fatkul sapaan akrabnya mengaku jika pihaknya belum mengetahui secara pasti, berapa masyarakat yang menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 kemarin. 

Pasalnya, sampai saat ini proses rekapitulasi di tingkat kecamatan belum selesai dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dimasing-masing kecamatan, Rabu (21/2/2024). 

"Proses rekapitulasi belum selesai, sehingga belum tahu berapa persisnya. Namun perkiraan lebih dari 80 persen an," jelasnya. 

Selain itu, pria ramah ini juga menuturkan jika rekapitulasi di tingkat kecamatan, dijadwalkan mulai 15 Februari hingga 2 Maret 2024 mendatang, sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) yang ada. 

Kendati belum ada hasilnya secara pasti, namun Fatkul tetap berharap bahwa tingkat partisipasi masyarakat dapat lebih meningkat dibandingkan dengan gelaran Pemilu tahun 2019 silam. 

Sebab menurutnya, pada Pemilu 2019 lalu, angka partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak suaranya kurang lebih mencapai 81.19 persen. 

"Semoga Pemilu tahun 2024 ini lebih tinggi dari tahun 2019," sambungnya. [Sav/Dwi] 


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS