Nasib Kades Tuban yang Mundur Demi Jadi Caleg

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Dalam kontestasi pemilihan umum pemilu 2024, terdapat tiga orang Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Tuban yang rela mengundurkan diri guna turut berpartisipasi menjadi Calon Legislatif (Caleg), Minggu (15/2/2024). 

Tiga orang kades yang tergiur untuk menduduki kursi dewan dan mengundurkan dari jabatan pemerintahan desa yaitu Yemy Tristantono yang sebelumnya menjabat Kades Sambonggede, Kecamatan Merakurak. Dia mencalonkan diri sebagai DPRD Kabupaten Tuban Dapil 1 (Kecamatan Tuban, Merakurak, Montong, dan Kerek) dari partai PDI-P. 

Kemudian Sunarto, Kades Mrutuk, Kecamatan Widang. Ia juga mencalonkan diri sebagai DPRD Kabupaten Tuban Dapil 2 (Kecamatan Palang, Plumpang, Widang) dari partai Golkar. 

Sedangkan Moh. Ali Shultoni, Kades Jegulo, Kecamatan Soko, mencalonkan diri sebagai DPRD Provinsi Jawa Timur Dapil 12 (Kabupaten Tuban, Bojonegoro) dari Partai PKB. 

Namun bagaimana perolehan suara mereka saat ini? 

Dilansir dari laman pemilu2024.kpu.go.id, perolehan suara sementara beberapa Kades di Kabupaten Tuban yang mengundurkan diri ini, bisa dibilang cukup topcer di kontestasi Pemilu tahun 2024 ini. 

Seperti Yemy Tristantono, dari perhitungan sementara, ia sudah mengantongi 1.996 suara. Bahkan, suara yang diperoleh Yemi saat ini tertinggi, dibandingkan Caleg lain dari Partai PDI-P yang mencalonkan diri di Dapil 1.

Kemudian beralih ke Dapil 2, ada Kades Mrutuk Sunarto yang juga meraup suara cukup banyak. Dari penghitungan sementara saat ini, ia sudah mengantongi 4.118 suara. Dan suara yang diraih sementara masih unggul dibandingkan para incumbent seperti Hartomo yang baru meraup 3.793 suara dan Cipto yang baru memperoleh 2.662 suara. 

Kemudian Moh. Ali Shulthoni, melaju menggunakan partai PKB saat ini ia sudah mendapatkan 33.928 suara, dan ia menempati posisi ke-3 dibawah Fauzan Fu`adi, yang sementara sudah meraup 48.111 suara dan tertinggal tipis dengan Muhammad Mughni, dengan 35.478 suara. 

Namun saat ini Shulthoni masih unggul jauh dibandingkan Khozanah Hidayati, yang baru mendapatkan 24.536 suara. 

Melihat hasil sementara ini, apakah para mantan Kades Tuban, bisa menduduki kursi dewan? 

[Nur/Ali]